5.3.15

Nutrisi Dari Laut untuk Kecerdasan si Kecil

 

 Ikan dan makanan laut lain menjadi alternatif sumber protein yang tak kalah lezat kala bosan memakan daging, ayam dan telur. Bahkan, beberapa kandungan nutrisi yang ada pada makanan laut ternyata tidak ditemukan di makanan lain.

Lezat dan beraroma khas setiap dipanggang, olahan seafood memang selalu menggairahkan nafsu untuk makan. Seperti diketahui, ikan dan makanan laut lain menjadi alternatif sumber protein yang tak kalah lezat kala bosan memakan daging, ayam dan telur. Bahkan, beberapa kandungan nutrisi yang ada pada makanan laut ternyata tidak ditemukan di makanan lain. Lantas, apa saja hidangan laut yang lezat dan kaya manfaat gizi yang bisa dihidangkan buat si kecil?

Tuna

Tekstur daging putih yang lembut dan lunak menjadi ciri khas tuna. Tak hanya enak, ikan laut yang banyak ditemukan di lautan Atlantik ini mengandung protein dan asam lemak omega-3. Penelitian yang dilakukan Columbia University menyebutkan jika kandungan omega-3 ini dapat membantu meningkatkan perkembangan otak si kecil.

Salmon

Beda salmon beda pula tuna. Salmon memiliki daging yang berserat namun sama-sama lembut saat dimakan seperti halnya tuna. Jika tuna Atlantik banyak kandungan nutrisinya, maka salmon Alaska yang paling dijagokan lantaran nutrisinya yang melimpah. Hasil penelitian yang dilakukan di Inggris dari British University menjelaskan salmon Alaska memiliki asam lemak omega-3 sebanyak 1,210 miligram dalam satu ikannya.

Tiram

Kelezatan tiram memang bisa dikatakan tak pernah redup sepanjang waktu. Di samping rasanya yang memang nikmat, kandungan gizinya yang tinggi juga menjadi alasan seafood bercangkang ini sampai dijual mahal di restoran berbintang. Sebuah tiram mampu menyumbangkan asam lemak omega-3 hingga 300 miligram. Bukan hanya itu, para peneliti dari Columbia University kembali menambahkan kandungan zat besi dari tiram dapat memenuhi 1/3 kebutuhan harian tubuh.

Sarden

Belum bisa menikmati salmon maupun tuna karena sulit didapatkan dan harganya mahal? Anda masih  bisa menikmati sarden atau tongkol. Ikan yang satu ini mudah ditemukan di Samudera Pasifik dan banyak sekali diperdagangkan di Indonesia. British University mengungkapkan sarden tak hanya kaya vitamin D, namun kandungan asam lemak omega-3-nya juga melimpah. Satu ikan sarden bisa menyumbang omega-3 hingga 1,950 miligram per 85 gram berat ikannya.
Sudah tahu kan beberapa makanan laut yang bisa dinikmati si kecil karena kelezatan dan kandungan gizinya. Langsung masak olahan seafood buat si kecil yuk, Bu.
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...