19.12.14

Awas, Gadget Bisa Mengancam Si Kecil! (1)


Bundaa...Jangan sembarang memberikan gadget pada anak
karena bisa berdampak buruk. Apa saja dampak tersebut?

Gadget tentu sudah sangat familiar di zaman modern ini. Tak hanya orang dewasa yang menikmatinya. Remaja dan anak-anak pun sudah sangat mengenal gadget. Tengok saja, di sekolah, mal, dan di mana pun, tidak sedikit anak yang menenteng gadget. Mulai handphone, tablet, i-phone, ipad, hingga laptop.

Orangtua sepertinya sudah menganggap gadget sebagai hal biasa untuk anak. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang sengaja memberikan gadget sebagai mainan anak-anaknya.

Mereka beranggapan mengenalkan gadget pada anak sejak dini akan merangsang kemampuan berpikir anak. Dengan begitu, kemampuan berpikir si anak bisa melebihi anak-anak lain seusianya.
Mereka tidak menyadari bahwa memberi anak-anak gadget pada timing yang tidak tepat justru dapat berdampak buruk pada perkembangannya. ”Memberikan gadget pada timing yang tidak tepat, seperti memberikan mainan yang tidak sesuai untuk anak, sehingga bisa memengaruhi struktur otak dan perilaku anak,” ujar Ketua Divisi Tumbuh Kembang Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSU dr Soetomo dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K) kepada Nyata.

Dokter yang akrab disapa Wawan itu mencontohkan, orangtua yang memberikan gadget untuk anak usia enam bulan. Pada usia itu, tentu anak belum bisa memegang gadget yang berukuran besar. Dampaknya, struktur otak anak akan terganggu.
”Namanya anak usia enam bulan, tentu kemampuan memegangnya belum sempurna. Sehingga memberikan gadget pada anak justru akan merusak struktur otaknya,” tegas Wawan.
(Sumber  http://nyata.co.id/serba-serbi)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...