19.12.14

9 Taktik Membuat Anak Menyukai Sayuran


Bundaaa....Membuat anak mau mengonsumsi sayuran bisa jadi gampang-gampang susah. Segala macam cara sudah dicoba, namun tak pernah berhasil. Jika begitu, Anda jangan langsung marah dan frustrasi. Sebaiknya, Anda juga mengingat, mengapa sewaktu kecil Anda terkadang susah makan sayuran? Pasti sangat banyak. Berikut beberapa kiat yang bisa Anda lakukan.

1. Anak belajar dari contoh
Makanlah sayur yang sama dengan yang Anda sajikan kepada anak.

2. Cerita pemicu selera
Anak umur tiga tahun sudah bisa diajak berkomunikasi. Anda bisa mulai menanamkan kesadaran mengapa dia harus makan sayur. Anda bisa menggunakan tokoh-tokoh kartun terkenal, seperti Popeye atau dari buku-buku cerita yang dia kenal. Arahkan anak tertarik suka makan sayur agar mereka kuat.

3. Libatkan anak
Coba buat variasi atau perkenalkan dia dengan sayuran baru. Ajak anak membeli sayur. Kemudian, olahlah sayur bersama si kecil. Lakukan acara memasak atau membuat kreasi makanan. Saat itu, Anda juga dapat bercerita mengenai manfaat sayuran.

4. Jangan pernah menyerah
Teruslah membujuk anak agar mau mengonsumsi sayuran tanpa adanya paksaan. Kadang dibutuhkan beberapa kali penawaran sampai anak mau menerima makanan baru.

5. Buatkan makanan kegemarannya
Buatkan anak menu kesukaannya, tetapi pada bahan dasarnya diberi tambahan aneka sayuran. Dengan begitu secara berangsur, anak akan terbiasa mengonsumsi sayur.

6. Mulailah dengan porsi kecil
Anak melihat segala sesuatu berdasarkan ukuran matanya sendiri. Porsi sayuran untuk orang dewasa terlihat banyak bagi anak-anak. Beri porsi kecil dan biarkan anak menentukan jumlah porsi yang akan dihabiskannya. Apabila anak menghabiskan porsi kecil yang Anda berikan atau dipilihnya sendiri, jangan lupa berikan pujian dan penghargaan.

7. Jangan terlalu beragam
Berikan dua atau tiga jenis sayuran yang dicampur dalam satu menu. Jenis sayuran yang terlalu beragam dalam satu menu membuat mereka kurang berselera makan.

8. Variasikan bentuk
Buatlah potongan sayuran semenarik mungkin yang dapat membuat mereka tergoda mencicipi sayuran yang disajikan. Setelah sayuran matang, jangan lupa meraciknya menjadi rangkaian yang indah. Misalnya sayur-sayuran rebus yang ditata atau dibentuk menyerupai aneka rupa binatang, bintang, bulan, dan lain-lain.

9. Variasikan teknik pengolahan
Selalu gunakan teknik pengolahan yang berbeda setiap harinya. Jika hari ini sayuran direbus, besok ditumis, besoknya lagi ditim, dipanggang, dan sebagainya.
(Sumber  http://nyata.co.id/bebi)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...