23.2.15

Tanpa Disadari, Inilah Bahaya Menjemur Pakaian di Dalam Rumah


Menjemur pakaian di kala hujan memang merepotkan. Tak sedikit yang akhirnya memilih menjemur di dalam ruangan alias di dalam rumah. Tapi ternyata, tahukah kita, menjemur baju di dalam rumah tak baik bagi kesehatan. Gangguan kesehatan bisa lebih serius terutama bagi mereka yang kekebalan tubuhnya lemah.

Untuk diketahui, pakaian yang dijemur itu dapat meningkatkan kelembaban dalam ruangan mencapai 30 persen. Udara yang lembab memicu perkembangbiakan spora jamur, salah satunya Aspergillus fumigatus.


Para ahli khawatir jamur aspergillus yang dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru itu berkembang biak sangat banyak di udara lembab.

David Denning dan timnya dari National Aspergillosis Centre, Manchester, mengeluarkan peringatan setelah mengamati semakin banyak pasien yang menghirup udara yang dipenuhi jamur Aspergillus.
Denning menjelaskan, pakaian basah mengandung hampir dua liter air yang dilepaskan ke dalam ruangan.

Kebanyakan orang memang bisa kebal terhadap jamur yang tumbuh dalam kondisi lembab atau tubuhnya dapat melawan infeksi. Namun, tidak demikian bagi orang yang memiliki asma dan sistem kekebalan tubunya lemah.

"Pada penderita asma bisa batuk-batuk dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah seperti pasien kanker yang menjalani kemoterapi, pasien AIDS dan orang yang memiliki penyakit auto imun, bisa terkena aspergillosisoo paru," terang Denning.

Selain memperingatkan, menjemur baju di dalam rumah tak baik untuk kesehatan, Denning juga menyarankan agar pakaian basah dikeringkan di luar rumah atau gunakan mesin pengering.
Jika terpaksa harus di dalam ruangan, pilihlah yang jauh dari kamar tidur dan ruang tamu.

Jamur Aspergillus selama ini diketahui dapat mengganggu tenggorokan, menyebabkan sinus, menbahayakan paru-paru, hingga menyebabkan batuk darah.

(Sumber Tribun)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...