22.2.15

Awas, Jangan Sampai Overtraining!

 

Jangan karena berenergi lebih, lantas berolahraga habis-habisan. Ingat, tubuh juga memiliki batas daya tahan loh. Bagaimana sih tanda-tanda overdosis olahraga?

Ketika memutuskan untuk menurunkan berat badan, seseorang pasti akan gila-gilaan dalam berolahraga. Padahal, jika itu yang dilakukan, yang terjadi justru rasa lelah yang amat sangat, pusing, bahkan pingsan. Belum lagi dampak pasca berolahraga yang baru dirasakan keesokan harinya.
Nah, karena itu, hindari berolahraga secara berlebihan. Berhentilah sebelum tanda-tanda overdosis muncul. Lantas apa sih tanda-tanda seseorang berolahraga secara berlebihan? Berikut ini paparan instruktur Club Olympia Hotel Bumi Surabaya, Ely Masruchin.

Tanda-Tanda Overdosis

Dikatakan Ely, ada beberapa tanda yang harus diwaspadai yang menunjukkan seseorang sudah mengalami overdosis dalam berolahraga. Tanda-tanda itu adalah:
- Lemas
Hal pertama yang dirasakan jika seseorang berlebihan berolahraga adalah lemas. Rasa lemas terjadi karena kehilangan banyak cairan. Tapi, karena ini tanda-tanda awal, rasa lemas dapat diatasi dengan beristirahat sejenak dan mengganti cairan tubuh dengan minum air putih secukupnya.
”Sebaiknya pilih jenis olahraga yang tidak menguras energi secara berlebihan,” saran Ely. ”Tapi, kalau memang sudah tidak bisa melanjutkan aktivitas itu lagi, lebih baik hentikan dan lanjutkan olahraga keesokan harinya,” sambungnya.

- Kehilangan Konsentrasi
Tahap selanjutnya adalah kehilangan konsentrasi. Pada tahap ini, seseorang sudah kesulitan untuk berpikir. Untuk menghitung sebuah perkalian yang sederhana pun butuh waktu cukup lama untuk mencari jawabannya.
Solusinya masih sama seperti ketika merasa lemas, yaitu hentikan olahraga, istirahat sejenak, dan minum air putih.
Atau, bisa keluar dari ruangan sejenak untuk mengalihkan perhatian dan menghimpun kembali konsentrasi. Jika sudah merasa lebih baik, bisa melanjutkan olahraga kembali.

- Pusing atau Sakit Kepala
Pusing atau sakit kepala menjadi indikasi yang jelas bahwa seseorang sudah benar-benar overdosis dalam berolahraga. Kepala serasa berputar, mata berkunang-kunang, muka pucat, keluar keringat dingin adalah tanda-tanda Anda pusing karena terlalu berlebihan ketika berolahraga.
Solusinya juga tidak bisa hanya beristirahat. Ketika pusing, sebaiknya langsung mencari tempat duduk. Jika ada tempat untuk berbaring, lebih baik berbaringlah.

- Kram
Meski tidak selalu disebabkan berolahraga berlebihan, kram juga bisa menjadi indikasi bahwa seseorang sudah melampaui batas berolahraga. Itu terjadi karena terlalu banyak mengekspos bagian tubuh tertentu, sehingga bagian tubuh itu akhirnya kram.
Kram ini membuat bagian tubuh itu sangat sakit, kaku, dan tidak bisa digerakkan. Jadi yang harus dilakukan selanjutnya adalah meregangkan bagian yang kram itu berulangkali sampai kram itu hilang.

- Cedera Otot
Tanda-tanda yang paling fatal ketika overdosis dalam berolahraga adalah cedera otot. Jika sudah terjadi hal ini, maka Anda tidak sekadar berlebihan saat berolahraga, tapi juga salah gerak atau salah memakai alat dan memaksakan diri.
Cedera otot ini bisa berupa robek atau putus. Tanda-tandanya Anda merasa sakit pada bagian otot tertentu dan rasa sakit itu semakin terasa keesokan harinya. Maka, segeralah ke dokter, karena jalan sartu-satunya adalah operasi.
Cara Pencegahan

Sebenarnya cukup mudah menghindari overdosis dalam berolahraga. Yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui dengan pasti kondisi fisik.
Kalau kondisi sedang tidak baik, maka olahraga yang dilakukan jangan berlebihan. Tapi jika sedang tidak ada masalah, maka Anda bisa berolahraga sedikit lebih berat dan lama.
Tapi, sebaiknya dari awal Anda sudah menentukan berapa lama berolahraga. “Untuk pemula sebaiknya tidak lebih dari 30 menit. Sedangkan bagi yang sudah terbiasa bisa berolahraga satu hingga satu setengah jam,” kata Ely.

Satu hal lagi yang harus diperhitungkan adalah jangan berolahraga setiap hari, tujuh hari seminggu tanpa jeda. Harus ada jeda untuk memberikan kesempatan otot untuk beristirahat.

Jika Sudah Overdosis

Jika, overdosis sudah menyerang, Ely menyarankan untuk langsung menghentikan olahraga. Istirahat sejenak dan langsung ganti cairan tubuh.
”Solusi awalnya Anda bisa minum air putih yang dicampur gula merah. Karena gula merah cepat menggantikan energi yang hilang, tapi tidak menambah kalori terlalu banyak seperti halnya gula putih,” katanya.
Jika tidak nyaman minum air putih bergula, Anda bisa minum air teh manis. Tunggu hingga rasa pusing itu hilang, setelah itu baru bersihkan badan dan beristirahat.
(Sumber Nyata)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...