17.2.15

Ide Makan Malam Sehat Bebas Lemak

 

 Makan malam identik dengan makanan yang berlemak seperti gulai kambing, sate daging, sampai masakan padang. Bila Anda ingin sajian makan malam yang lebih sehat dan bebas lemak tentunya, ini dia beberapa pilihan menunya.

Matahari sudah mulai terbenam, hari pun sudah mulai memasuki malam. Saatnya untuk menyiapkan hidangan makan malam untuk keluarga. Makan malam identik dengan hidangan yang dengan sajian panggang maupun gorengan yang cukup banyak kandungan lemaknya. Selain memang enak disajikan dalam kondisi malam yang cenderung dingin, hidangan ini memang banyak difavoritkan keluarga.

Sekali dua kali mungkin masih tak masalah, tetapi jika sampai dikonsumsi setiap malam tentunya bukan ide yang tepat dan sehat. Kini Anda dapat menikmati makan malam lezat dan sehat serta bebas lemak. Anda dapat mengakalinya dengan membuat hidangan yang dimasak dengan menggunakan minyak berlebihan. Dr. Sydney Hornby, ahli pencernaan asal Philadelphia, mengatakan minyak kelapa merupakan sumber kolesterol di samping makanan berlemak yang bisa mengganggu proses pencernaan. Anda dapat mengakalinya dengan menghidangkan makanan berikut.

Sup

Sajian ini memang bukan masakan yang asing dalam hidangan makan malam. Namun, jarang sekali disajikan sebagai menu utama. Anda bisa memulainya untuk menjadikan sup sebagai makanan utama di waktu malam. Tentunya bukan semata berisi sayuran. Dr. Sydney yang juga ahli gizi ini menyarankan untuk menambahkan bakso daging tanpa lemak. Tambahkan dengan potongan zucchini dan beberapa sayuran lain yang Anda suka. Untuk melengkapi cita rasa sup tersebut, masukkan susu rendah lemak dan rempah-rempah. Hidangan ini menyumbang vitamin C, vitamin B, asam folat, kalium dan serat, serta bebas lemak.

Salad

Hidangan yang satu ini memang bisa disajikan kapan saja, tak terkecuali saat makan malam. Elizabeth Jyothi Mathew, nutrisionis sekaligus penulis buku 'Over 100 Fat-Free Recipes', menjelaskan kombinasi selada, wortel, mentimun, apel dan kubis merah dapat menjadi sumber gizi yang cukup untuk hidangan makan malam. Supaya komposisi protein dalam makanan ini terpenuhi  tambahkan yogurt Yunani yang kaya nutrisi namun bebas lemak.

Ratatouille

Nama hidangan Perancis ini begitu melejit ketika dijadikan judul salah satu film animasi Hollywood. Ratatouille ini sendiri merupakan sejenis sup sayuran yang juga populer di Eropa. Biasanya dibuat dengan kuah sup dari jus tomat. Di dalamnya dapat ditambahkan beragam sayuran termasuk terong, paprika, jamur, zucchini, wortel dan bawang yang sudah dipotong-potong maupun diiris-iris. Sebagai penyedap rasa tambahkan garam, bawang putih cincang atau serbuk serta merica secukupnya.

Jika ingin sajian makan malam yang beda dan juga sehat, sekarang inilah waktu yang tepat untuk mulai memasaknya.
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...