17.2.15

Makanan Kaya Kalsium, Kunci Sukses Bikin Tulang Kuat

 

 Memiliki tulang kuat dan sehat adalah dambaan bagi semua orang. Namun, hanya sebagian orang saja yang menyadari pentingnya kalsium dan gizi seimbang untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat.

Memiliki tulang kuat dan sehat adalah dambaan bagi semua orang. Namun, hanya sebagian orang saja yang menyadari pentingnya kalsium dan gizi seimbang untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat. Menurut Budi Utomo, S.Pd struktur tulang manusia dibangun dari beragam unsur nutrisi seperti kalsium, fosfor, protein dan vitamin D. Menu makanan yang baik akan membuat tubuh mencukupi semua unsur gizinya, termasuk nutrisi untuk kesehatan tulang.

Kenapa menjaga kesehatan  tulang sangat penting?

Ya, tulang memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan tubuh manusia namun tidak banyak yang menyadarinya. Pada umumnya, sebagian orang hanya mementingkan kesehatan jantung, lambung, hati, kulit dan organ lainnya. Padahal, tulang yang tidak sehat akan berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sumber makanan apa saja yang kaya akan kalsium?

Zat pembangun struktur tulang yang utama adalah mineral kalsium atau zat kapur. Anda bisa mendapatkan sumber makanan yang kaya akan mineral kalsium dari susu dan berbagai hasil olahannya seperti keju dan yogurt. Selanjutnya, sumber makanan dari produk nabati yaitu daging, ikan dan telur.

Selain itu, sayuran juga sumber makanan yang kaya akan kalsium lho, seperti buncis, brokoli, kacang panjang dan bayam. Sedangkan dari jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang mente, kacang polong dan kacang merah merupakan sumber kalsium yang baik.

Mengonsumsi makanan yang kaya kalsium juga harus diimbangi dengan asupan vitamin D yang bisa diperoleh melalui bantuan sinar matahari yang membantu penyerapan kalsium dari dalam usus. Vitamin D juga berfungsi dalam proses osifikasi atau pembentukan tulang. Itulah mengapa bayi sering dijemur di bawah sinar matahari sebelum pukul 09.00, salah satu alasannya adalah untuk mempercepat pertumbuhannya.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih sumber makanan yang kaya kalsium adalah kesegarannya. Sumber makanan yang segar mengandung kualitas nutrisi yang prima. Kemudian yang kedua, pilih bahan pangan variatif sehingga nutrisi semakin lengkap dan meningkatkan selera makan.
Perlu diingat, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan tulang yang kuat tidak hanya mengonsumsi makanan berkalsium saja. Namun, dibutuhkan makanan yang mengandung unsur gizi seimbang.

Artinya, makanan tersebut mengandung cukup karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serat dan mineral.

Berikut ini adalah tabel bahan pangan yang kaya akan kalsium. Simak baik-baik, karena juga bisa sebagai inspirasi menu yang seimbang untuk tulang yang sehat lho.
Tabel Kandungan Bahan Pangan Tinggi Kalsium
Sayuran
Kalsium/100 g Berat Bahan
Buah
Kalsium/100 g Berat Bahan
Daun kelor
1077 mg
Salak bali
94 mg
Daun sawi
200 mg
Srikaya
127 mg
Bayam
166 mg
Nanas
22 mg
Daun pepaya
353 mg
Pisang ambon
30 mg
Daun Singkong
166 mg
Jambu biji putih
31 mg
Tauge
166 mg
Jeruk manis
23 mg
Wortel
46 mg
Mangga
20 mg

Produk Hewani
& hasil Olahannya
Kalsium/100 g Berat Bahan
Kacang-Kacangan
& Hasil Olahannya
Kalsium/100 g Berat Bahan
Daging sapi
150 mg
Kacang hijau
223 mg
Ayam
14 mg
Kacang kedelai
222 mg
Ikan segar
20 mg
Kacang merah
502 mg
Telur
86 mg
Kacang tanah
316 mg
Susu sapi
143 mg
Susu kedelai
50 mg
Keju
777 mg
tahu
223 mg
Yoghurt
120 mg
tempe
155 mg
Sumber: Tabel Komposisi Pangan Indonesia, 2009.
Nah, itu dia informasi lengkap seputar kesehatan tulang dan makanan kaya kalsium dari Sahabat Nestle Budi Sutomo S.Pd. Semoga bermanfaat dan selalu milikilah tulang yang kuat dan sehat sepanjang waktu.
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...