15.2.15

3 Rempah Dapur Berkhasiat Buat Anak

 

 Apa saja manfaat kencur, jahe dan temulawak bagi kesehatan anak?

Sebagai orang Indonesia semestinya dapat bersyukur karena negeri ini dikaruniai tanah yang subur dan sumber daya alam yang melimpah. Karena faktor itu pula, beragam tanaman berkhasiat dapat didapatkan dengan mudah. Salah satu yang paling mudah ditemukan dan dibudidayakan adalah rempah dari rimpang-rimpangan. Sebut saja, kencur, jahe dan temulawak yang begitu familiar sebagai bumbu dapur. Nah, tahukah Anda bila ketiga rempah dapur ini memiliki manfaat yang melimpah bagi si kecil. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

Kencur

Rempah pertama adalah kencur. Rimpang yang satu ini sudah cukup akrab dengan masakan Indonesia. Aromanya yang khas saat dikonsumsi menjadi salah satu ciri utama dari kencur. Lebih dari itu, kencur juga memiliki banyak manfaat untuk meredakan nyeri, anti radang, anti mual hingga melancarkan saluran pencernaan. Kencur ini sering dibuat jamu tradisional dengan campuran pati beras, sehingga kerap disebut sebagai beras kencur. Jamu ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan terutama bagi si kecil.

Jahe

Berikutnya ada jahe yang bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat usai mengonsumsinya. Rempah yang satu ini banyak diseduh atau dihidangkan sebagai minuman herbal. Sering mengonsumsi rimpang yang satu ini dapat membantu meredakan sariawan, melancarkan pencernaan hingga mengusir 'masuk angin'. Jika si kecil mengalami masuk angin lantaran hujan-hujanan, seduhan minuman jahe yang hangat dapat Anda coba sajikan kepadanya.

Temulawak

Yang ketiga ada temulawak yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan pada anak. Orang zaman dahulu selalu membuatkan ramuan yang diolah dari bahan dasar temulawak untuk membuat anaknya lebih lahap untuk makan. Di samping itu, temulawak juga dapat membantu meredakan sembelit dan kembung pada anak.

Jika Anda ingin membudidayakan ketiga rimpang ini cukup mudah untuk ditanam. Perawatannya juga tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu menyiram dengan cukup dan meletakkan tanaman jahe, temulawak dan kencur pada lokasi yang lembap. Jangan diletakkan di bawah terik matahari langsung, agar tidak membuat tanaman ini kering dan mati. Mudah kan? Tunggu apalagi, yuk segera dapatkan ketiga rempah ini dan masak dalam beragam jenis olahan. Bila ingin berkebun sendiri, tanaman ini juga siap Anda tanam bersama si kecil.

(Sumber Sahabat Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...