16.2.15

Waspada Lokasi Sumber Tularan Virus

 

 Anak lebih rentan tertular virus karena daya tahannya yang belum sekuat orang dewasa

Sepertinya tidak ada tempat yang dapat luput dari penyebaran virus. Baik melalui udara, air dan benda yang dipegang oleh pengidapnya. Menurut Dr. Handrawan Nadesul, anak lebih rentan tertular virus karena daya tahannya yang belum sekuat orang dewasa. Padahal, anak sering bermain sembarangan dan menyentuh barang asing yang dilihatnya. Agar tetap aman, jauhkan si kecil dari tempat dan kebiasaan kurang sehat berikut ini.

Jangan bawa anak menjenguk orang sakit

Rumah sakit adalah tempat yang tidak dianjurkan untuk si kecil. Karena virus bisa saja terbawa udara dan menularinya. Penyakit nosocomial atau penyakit infeksi yang ditularkan dari rumah sakit tidak boleh sampai menyerang anak. Selain itu, virus flu, virus cacar dan virus yang menyerang otak juga ditularkan lewat udara.

Berhati-hati pada kebiasaan orang dewasa mencium anak

Anak-anak yang lucu dan menggemaskan membuat banyak orang dewasa yang ingin mencubit pipi dan menciumnya. Anda mungkin tidak menyadarinya, namun melalui kontak langsung ini anak bisa saja tertular virus. Anda harus lebih waspada ya.

Setelah perawatan gigi

Sehabis melakukan perawatan gigi, sebaiknya Anda berinisiatif agar si kecil langsung berkumur dengan larutan antiseptik. Hal ini untuk antisipasi jika peralatan gigi yang dipakai belum cukup steril. Apalagi jika pasien sebelumnya pengidap penyakit hepatitis B, hepatitis C atau bahkan HIV.

Kebiasaan mencuci tangan

Anda mungkin menilai mencuci tangan adalah hal yang sederhana. Namun, jika dilihat dari manfaatnya akan memberikan kontribusi yang luar biasa pada kesehatan anak. Kebiasaan mencuci tangan dengan benar setelah bermain dan sebelum makan dapat menurunkan risiko si kecil tertular virus dan penyakit.

Selalu lindungi si kecil dari penyebaran virus jahat dengan pola hidup bersih dan higienis ya. Semoga bermanfaat.

(Sumber Sahabat Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...