22.2.15

Sepatu Tepat untuk Olahraga


Berolahraga itu bukan sembarang keluar keringat, tetapi olahraga juga harus mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan. Salah satu factor pendukung aktivitas olahraga adalah dengan memakai sepatu olahraga yang tepat. Selain dapat menghindari Anda dari cidera, sepatu olahraga yang tepat juga dapat mendukung kualitas aktivitas olah raga.

Berikut adalah panduannya:
Kaki manusia terbagi dalam tiga bagian yaitu: kaki normal (normal foot), kaki datar (flat foot), dan kaki condong ke dalam (high arch foot). Untuk itu, disarankan memilih sepatu dengan bahan dari kulit sintetis dikarenakan bahan tersebut memiliki sifat yang dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki.

Jika dilihat dari jenis olahraga, olahraga aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang menuntut kelincahan. Oleh karena itu, sepatu olahraga yang diperlukan adalah sepatu yang memiliki bantalan, stabilitas tunggal, penyerapan kejut, dan fleksibilitas yang memadai.

Selain itu, hal lain yang perlu dipertimbangkan juga adalah sepatu yang memberikan banyak support untuk pergelangan kaki. Terlebih halnya untuk olahraga yang dilakukan di luar ruangan seperti basket, bulu tangkis, ataupun sepak bola. The American Academy of Orthopaedic Surgeons juga menyarankan Anda untuk memilih sepatu olahraga yang mampu mendukung gerak pergelangan kaki Anda selama berolahraga.

Semakin tinggi tingkat kekerasan dari lapangan atau permukaan tanah maka biasanya jumlah stud/pul pada bagian belakang atau depan semakin banyak. Lain lagi untuk lapangan indoor dengan rumput buatan, sebaiknya Anda menggunakan sepatu dengan alas turf (stud dengan ukuran kecil-kecil dan jumlahnya banyak). Sedangkan sepatu dengan alas yang datar tanpa stud atau turf lebih cocok digunakan pada lapangan indoor yang berlantai halus atau datar.

Selain itu, berkonsultasilah pula dengan instruktur olah raga Anda dalam memilih sepatu yang tepat untuk berolahraga. Tentu saja, demi memaksimalisasikan kualitas olahraga Anda.
(Sumber Nyata)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...