13.2.15

4 Olahan Sayur Sehat Tak Terlupakan

 

 Bosan dengan hidangan sayuran yang sama setiap hari, empat olahan sayuran ini bisa Anda coba di rumah. Rasanya yang lezat dijamin membuat Anda sulit untuk melupakannya.

Sayuran dikenal sebagai salah satu makanan yang banyak menyumbangkan nutrisi bagi tubuh. Kandungan vitamin dan serat yang kaya dalam makanan ini memang belum tentu ada dalam makanan lainnya. Meski begitu, masih ada yang belum memakannya secara maksimal. Selain bukan karena kegemaran, rasa hidangannya yang kurang nikmati menjadi salah satu penyebabnya.
Biar selera untuk menikmati sayuran meningkat, hidangkan empat olahan sayuran lezat dan sehat berikut ini.

Brokoli dan jamur panggang

Jika selama ini Anda sering menyajikan brokoli dengan dikukus atau direbus, kali ini cobalah untuk mengolahnya dengan dipanggang. Olah dengan jamur segar agar bisa menumbuhkan selera sajian yang berbeda. Tambahkan olive oil sebelum memulai memanggangnya. Taburi sedikit merica dan garam bubuk. Setelah matang, taburkan pula lada hidam dan serutan keju Parmesan sebelum dihidangkan.

Lobak dan buncis ala Maroko

Lobak tak hanya bisa disajikan sebagai salad. Begitu juga dengan buncis yang seringkali disajikan sebagai tumisan atau pelengkap sup sayur. Anda bisa mengolah keduanya menjadi hidangan istimewa ala Maroko. Caranya dengan menumis kedua sayuran ini dengan menggunakan olive oil. Bumbui dengan bawang putih, bawang merah, kunyit, merica bubuk dan garam secukupnya. Tambahkan irisan tomat, wortel dan daging ayam untuk melengkapi gizinya.

Brussel Sprout

Walau bukan berasal dari Indonesia, namun sayuran asli Belgia dan banyak digemari orang Eropa ini kini sudah bisa ditemukan di supermarket. Rasanya mirip kubis namun lebih renyah. Tumislah dengan olive oil, taburan daging cincang, lada hitam, daun jeruk dan garam secukupnya. Masak hingga matang dan nikmati kelezatannya.

Bunga kol masak salsa

Salsa di sini bukan nama tarian dari Amerika Latin lho, tapi nama sebuah bumbu penunjang masakan lezat. Kali ini Anda bisa mencoba membuatnya dengan bunga kol. Tumis dengan menggunakan olive oil, daun peterseli, cincangan bawang putih, daun bawang, lada hitam dan minyak mustard. Olah sampai matang dan sajikan selagi hangat.
Jangan dilihat dari penyajiannya yang sederhana, tetapi nikmati rasanya yang beda dari masakan sayur yang sering dibuat. Lewat masakan sayur yang beda, kebutuhan nutrisi tubuh pun bisa terus terjaga.
(Sumber Sahabat Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...