18.2.15

4 Permainan Asah Kemampuan Komunikasi Anak

 

 Semakin sering merangsang kemampuan berbicaranya, akan semakin baik cara si kecil berkomunikasi.

Kemampuan berkomunikasi secara lancar memang tidak diperoleh dengan instan. Perlu proses pembelajaran dan latihan secara terus menerus sampai akhirnya menjadi lancar. Sama halnya dengan anak-anak, semakin sering merangsang kemampuan berbicaranya semakin baik cara berkomunikasinya.

Anda dapat mengasah kemampuan berkomunikasi anak lewat beberapa permainan berikut ini.

20 Pertanyaan

Permainan pertama yang bisa mulai berikan kepada si kecil adalah tebak cepat 20 soal. Si kecil tidak hanya menjawab ‘iya’ dan ‘tidak’ saja, tetapi mintalah dia untuk menjelaskan secara singkat alasan dia menjawabnya. Anda bisa menyiapkan beragam pertanyaan dengan lingkup wawasan yang sudah diketahui si kecil, seperti menyebutkan tentang kenapa gajah memiliki tubuh besar, kenapa pendengaran gajah bagus, atau alasan kenapa jerapah bisa memakan daun di pohon yang tinggi.

Pilih pemimpin

Permainan ini dilakukan secara berkelompok oleh beberapa anak. Salah satu harus menjadi pemimpin lewat pilihan anak yang lain. Anak yang menjadi pemimpin harus memberikan gerakan dan yang lain harus menirukan. Dia harus mengelilingi anak-anak yang membentuk lingkaran dan memberikan isyarat dengan kedipan mata. Siapa yang menerima isyarat tersebut resmi menjadi leader baru dan memberikan gerakan untuk ditirukan. Tujuan dari permainan ini untuk merangsang kemampuan non-verbal anak yang juga penting dalam merangsang kepekaan berkomunikasi.

Kelompok komunikasi

Masih dilakukan secara berkelompok, bedanya dalam permainan ini anak-anak diminta menjelaskan apa yang diperagakan oleh anak yang lain untuk menebak jawabannya. Bisa langsung dimulai dengan menyuruh anak pertama memberikan kode atau clue sebuah pertanyaan. Misalnya untuk menjelaskan kodok, dia bisa melompat, mengembang dan mengempiskan rongga mulutnya, sampai temannya yang lain menjawab. Bagi yang benar bisa gantian memberikan tebakan.

Deskripsi gambar

Tak harus dilakukan berkelompok, Anda bisa mengajak si kecil melakukan games ini di rumah. Mudah saja, tinggal menyediakan gambar dan mintalah si kecil untuk menyebutkan apa yang bisa dia lihat dari gambar tersebut. Contohnya saat ada gambar harimau, dia menjelaskan berwarna oranye, memiliki belang di tubuh, giginya tajam, berkaki empat, memiliki kumis dan lain sebagainya.
Tidak terlalu sulit kan? yuk mulai ajak si kecil memainkan permainannya.
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...