18.2.15

Kapan Multivitamin Diberikan?

 

 Kebutuhan vitamin bagi tubuh memang sangat diperlukan sehari-hari karena dengan asupan vitamin yang tepat, kesehatan tubuh bisa lebih terjaga dengan lebih baik.

Kebutuhan vitamin bagi tubuh memang sangat diperlukan sehari-hari karena dengan asupan vitamin yang tepat, kesehatan tubuh bisa lebih terjaga dengan lebih baik. Adapun sumber terbesar vitamin secara alami terdapat dalam sayur dan juga buah-buahan. Kedua makanan ini penting untuk dikonsumsi sehari-hari. Meski demikian, sebenarnya cukup sulit untuk mendapatkan asupan vitamin yang ideal, khususnya bagi anak-anak.

Porsi sayuran yang minim dan buah-buahan yang jarang dikonsumsi, membuat kebutuhan vitamin dalam tubuh tak bisa terjamin setiap saat. Maka dari itu, perlu asupan vitamin tambahan agar tubuh tetap sehat. Salah satunya adalah tablet multivitamin yang bisa ditemukan di pasaran. Menurut, Dr. Handrawan Nadesul, multivitamin baru sangat dibutuhkan bilamana tubuh benar-benar mengalami kekurangan vitamin.

Kurangnya kebutuhan vitamin dalam tubuh, dapat diketahui dari pola asupan dan kondisi tubuh itu sendiri. Jika anak kurang suka makan wortel atau sumber vitamin A lainnya, maka tubuh membutuhkan vitamin A tambahan. Demikian pula, pada kondisi ibu hamil.  Pada masa ini tubuh akan mengalami banyak kekurangan vitamin B6 dan asam folat. Hal ini disebabkan penyerapan zat gizi  pada ibu hamil terjadi secara beruntun. Satu untuk memenuhi asupan gizi ibu dan yang lainnya untuk tubuh si kecil.

Multivitamin juga diperlukan saat tubuh pada kondisi penyembuhan. Saat sakit biasanya lidah akan menjadi pahit. Hal ini yang membuat orang yang sedang sakit enggan untuk makan secara sehat, sehingga membutuhkan banyak tambahan vitamin agar mempercepat masa penyembuhannya. Biasanya pemberian multivitamin akan ditentukan dengan menggunakan resep dokter. Selain kondisi tersebut, penggunaan multivitamin akan berlaku sia-sia, sebab tubuh sudah memiliki asupan vitamin yang cukup dari konsumsi harian.

Permasalahannya sekarang, apakah Anda bisa menjamin makanan yang dimakan setiap hari sudah bisa menyumbangkan kebutuhan vitamin harian? Jika dalam satu porsi menu asupan sayur atau buah-buahan lebih sedikit dari karbohidrat dan protein, maka tubuh akan mengalami kekurangan vitamin. Belum lagi, jika memasaknya tidak tepat, seperti terlalu matang, maka vitamin dalam hidangan pun tak bisa terpenuhi dengan optimal. Jika sudah demikian, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter agar asupan gizi Anda kembali seimbang.
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...