13.2.15

5 Kebiasaan Sehat untuk Umur Panjang

 

 Dengan menjalani pola hidup sehat dan bahagia, tubuh akan terbebas dari penyakit dan stres yang menjadi salah satu faktor pendeknya umur.

Tidak ada yang pernah tahu umur seseorang, namun bukan berarti Anda tidak dapat mengupayakannya lho. Dengan menjalani pola hidup sehat dan bahagia, tubuh akan terbebas dari penyakit dan stres yang menjadi salah satu faktor pendeknya umur. Berikut ini ada 5 kebiasaan sehat yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan umur yang lebih panjang.

Tidak melewatkan sarapan

Tahukah Anda jika orang yang sering melewatkan sarapannya cenderung meningkatkan kemungkinan menderita obesitas, penyakit jantung, stroke dan kanker. Hal ini dikarenakan, ketika Anda tidak memakan sarapan, pasti akan memakan lebih banyak makanan pada makan siang atau memakan camilan tidak sehat sebelum makan siang.

Tertawa

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh  International Journal of Cardiology mengungkapkan tertawa adalah obat terbaik dan termurah yang bisa Anda dapatkan. Tertawa dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung, mengurangi stres, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menonton video lucu atau bercanda dengan teman dapat membuat umur lebih panjang. Yuk segera diterapkan!

Jangan terlalu banyak duduk

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal menyatakan duduk lebih dari tiga jam per hari dapat meningkatkan kemungkinn kanker, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Jika pekerjaan Anda berada di depan komputer dalam waktu yang lama, usahakan untuk tetap bergerak, misalnya menggunakan tangga menuju ruangan, berdiri saat menerima telepon dan rajin melakukan streching ringan setiap 2-3 jam.

Tidur yang cukup

Waktu yang ideal untuk tidur adalah 7-8 jam setiap malamnya. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan tidur per hari agar tubuh dapat beristirahat dengan baik ya. Tidur memberikan manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Para ahli menyarankan untuk tidur dalam waktu yang sama setiap malam, meredupkan lampu dan menjauhkan alat elektronik  tiga jam sebelum tidur.

Memiliki hubungan sosial yang baik

Jika Anda seorang introvert atau pemalu, segera hilangkan sifat ini dari diri Anda. Para peneliti percaya jika kehidupan sosial yang lebih kuat memberikan pengaruh dukungan, kebersamaan dan kepercayaan yang mampu meningkatkan umur seseorang. Jadilah seseorang yang lebih ceria dan bersahabat dengan orang-orang yang Anda temui.
Itulah lima kebiasaan kecil yang bisa membuat Anda lebih sehat dan bahagia setiap harinya. Hidup lebih lama pastinya adalah dambaan setiap orang, bukan? Maka, mulailah hidup sehat, bertemanlah dan berbahagialah. Selamat menikmati hidup.
(Sumber Sahabat Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...