22.2.15

Rawat Mobil di Musim Hujan

 

Di penghujung tahun, musim kemarau telah berganti menjadi musim hujan. Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat, jangan sepelekan hujan yang mengguyur kendaraan Anda. Simak tips dari Priyo Kurnianto (PT. Indomobil Niaga International, Jakarta).

Cek Sistem Kelistrikan

Perhatikan kabel busi dan distributor. Jika sudah terlanjur kecipratan air, segera keringkan dengan cara mengelapnya. Harus diperhatikan, jangan sampai air masuk atau terhisap intake manifold. Sebab, bisa membuat mesin jebol. Akibatnya, Anda harus mengeluarkan biaya besar untuk memperbaikinya.

Perhatikan Kisi-Kisi Radiator

Biasanya, saat hujan, banyak sampah yang tergenang di kawasan banjir. Bersihkan kisi-kisi radiator, jangan sampai ada yang menyangkut di dalamnya. Hal itu bisa menyebabkan penyumbatan pada radiator, dan bisa menghambat jalan masuk udara ke dalam mesin.

Segera Bersihkan Kaca Mobil

Kaca mobil lebih cepat terserang jamur. Apabila terkena hujan, lebih baik cepat dibersihkan, jangan sampai kering oleh panas matahari. Udara lembap di kaca menyebabkan jamur kaca dan menimbulkan pantulan yang bisa membahayakan pengendara di malam hari.

Bersihkan Body Mobil Segera

Kadar asam yang timbul dari air hujan, terutama di kota-kota besar, bisa merusak body mobil Anda hingga menyebabkan kerosi (pengaratan). Luangkan waktu Anda sesegera mungkin untuk membilas mobil dari air hujan. Ingat, lap body dengan kain halus.
Jika memiliki alat steam, semprotkan ke bagian bawah mobil, jangan langsung ke body. Tujuannya, untuk membersihkan sampah atau tanah yang menempel pada bagian bawah mobil. Jangan lupa, bersihkan rem cakram mobil agar tidak mengunci.
+

Cek Rutin

Sebaiknya, di musim hujan, Anda harus meluangkan waktu lebih untuk membersihkan atau membilas kendaraan Anda, meskipun malam hari guna merawat mobil Anda.
(Sumber Nyata)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...