19.2.15

Mengenal Indeks Glikemik Almond

 

 Selain mengandung gizi yang tinggi, almond termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik rendah sehingga tidak akan mempengaruhi kadar gula Anda

Kini kabar bahagia datang bagi Anda penderita diabetes. Sudah tahu tentang camilan sehat rendah gula sekaligus super enak? Ya, almond adalah jawabannya. Selain mengandung gizi yang tinggi, almond termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik rendah sehingga tidak akan mempengaruhi kadar gula Anda. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang jenis kacang yang satu ini. 

Sebelum membahas lebih jauh, apa sih yang dimaksud dengan indeks glikemik? Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan tingkat kadar gula dari karbohidrat yang ada dalam makanan. Mengonsumsi makanan dengan kadar glikemik tinggi akan meningkatkan gula darah dalam tubuh. Sebaliknya, mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah tidak akan mempengaruhi kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, penderita gula darah dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah agar kadar gulanya senantiasa normal.

Makanan dikelompokkan dalam tiga tingkatan Indeks Glikemik lho. Pertama, adalah makanan dengan indeks glikemik 100 yang masuk dalam kategori tinggi seperti roti putih, biskuit, dan manisan. Kedua, tingkat medium dengan indeks glikemik antara 56-69 seperti oatmeal dan sereal gandum. Ketiga, tingkat rendah dengan indeks glikemik 55 atau di bawahnya. Nah, yang mengejutkan adalah kacang almond memiliki indeks glikemik 0, yang berarti tidak akan mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. 
Bagi Anda yang sedang diet, almond juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena memberikan efek kenyang yang cukup lama. Selain itu mengonsumsi almond bisa memberikan sumbangan energi untuk beraktivitas sepanjang hari lho. Almond panggang memiliki 170 kalori, 6 gram protein, 15 gram lemak, dan 6 gram karbohidrat. 

Selain sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes, almond juga memberi manfaat sehat pada hati lho. Cobalah mengonsumsi 1,5 ons almond per hari untuk mengurangi risiko penyakit yang menyerang hati. Selain itu, vitamin E yang terkandung dalam almond merupakan antioksidan yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas.

Jika bosan menikmati almond goreng, Anda bisa mencoba varian olahan seperti susu, selai, almond panggang, cookies almond, atau bahkan puding almond. Asal tetap menggunakan bahan rendah lemak, khasiat sehat almond bisa tetap Anda dapatkan.
Selalu sertakan manfaat sehat almond pada menu diet sehat Anda ya. Semoga bermanfaat.
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...