6.2.15

Cara Menanyakan Si Kecil Tentang Pengalamannya di Sekolah


Apakah anak Anda memiliki tipe yang kurang begitu mau menceritakan apa yang ia alami tadi di sekolahnya, Moms? Biasanya si kecil yang susah bercerita hanya akan menjawab: "Tidak tahu, Moms!" atau "Sudah lupa tuh!". Padahal sebagai seorang ibu, Anda pasti penasaran perihal apa yang terjadi saat tak menyertainya di sekolah.

Nah, untuk memancing supaya si kecil kreatif dalam menjawab pertanyaan Anda dan mau mengingat-ingat pengalamannya sepanjang hari di sekolah, berikut ini tips yang bisa dicoba, Moms..

Pengalaman terbaik apa yang kamu miliki di sekolah hari ini?

Ini adalah pertanyaan yang akan memberikan banyak informasi. Pertanyaan ini akan membuat si kecil dengan senang hati menjawab. Memang sangat menyenangkan untuk berbagi hal-hal yang baik. Dengan melontarkan pertanyaan ini, kemungkinan si kecil akan menjawab betapa bahagianya ia berhasil mendapatkan nilai yang bagus tadi di sekolah karena ia mau belajar tadi malam. Atau mungkin ia akan bercerita betapa senangnya ketika berhasil membuat kerajinan tangan yang unik, dan masih banyak lagi. Ajukan pertanyaan ini dan lihatlah matanya yang berbinar-binar saat menceritakan pengalamannya.

Pengalaman terburuk apa yang kamu miliki di sekolah hari ini?

Kebalikan dari pertanyaan pertama tadi, pertanyaan ini tidak menyenangkan untuk dijawab, tetapi bisa sangat membantu. Ini dapat memberitahu Anda jika ada sesuatu yang tidak beres di sekolahnya. Si kecil bisa berbagi bahwa ia tadi menghadapi kesulitan dalam pelajaran matematikanya atau masalah-masalah lain yang membuatnya sedih. Tentu ini bukan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan setiap harinya, tapi cukup baik ditanyakan sesekali.

Dengan siapa kamu menghabiskan waktu istirahat?

Pertanyaan ini memungkinkan Anda tahu bagaimana dan dengan siapa ia bergaul. Apakah ia berhasil memiliki teman baru? Atau ia berhasil memiliki banyak teman? Atau apakah ia berjuang untuk menyesuaikan diri?

Mulailah menanyakan hal-hal di atas setiap pulang sekolah, Anda pasti bisa mengorek jawaban yang lebih informatif dari si kecil. Silahkan dicoba ya Moms, tipsnya!
(Sumber Molto.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...