5.1.15

Dampak Buruk Akibat Tidur Terlalu Lama,Dari Obesitas Hingga Kematian

Dampak Buruk Akibat Tidur Terlalu Lama, Dari Obesitas Hingga Kematian

Tidur yang cukup tentu saja diperlukan oleh setiap orang untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian, namun waktu tidur anda pun harus diperhatikan, pastikan anda tidak kebanyakan tidur dan tidak tidur lebih dari 8 jam perhari, karena hal tersebut akan memicu banyak penyakit seperti diabetes, obesitas dan bahkan berujung pada kematian!

Seram juga bukan? dampak negatif jika kebanyakan tidur, jadi bagi anda yang hobi tidur, anda harus membaca artikel ini dengan seksama ya. Berikut adalah beberapa efek buruk akibat tidur terlalu lama.

1. Obesitas

Selain terlalu banyak makan dan memiliki gaya hidup yang non-aktif, tidur yang terlalu lama juga bisa menjadi pemicu obesitas. Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang gemar tidur lebih lama dapat memiliki resiko 20% lebih tinggi untuk terkena penyakit kelebihan berat badan ini.

2. Sakit Kepala

Tidur terlalu lama juga dapat memicu sakit kepala yang keseringan, jika anda merasakan hal ini, anda harus memastikan untuk tidak kebanyakan tidur. Tidur yang terlalu lama dapat mempengaruhineurotransmitter diotak yang akan memicu masalah sakit kepala.

3. Sakit Punggung

Dampak buruk lainnya adalah dapat menimbulkan nyeri punggung bawah, ini karena kebanyakan tidur merupakan salah satu gaya hidup yang kurang aktif.

4. Diabetes

Hasil penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur diatas waktu normal (7 jam) akan dapat terkena resiko diabetes yang lebih besar, apalagi jika anda punya riwayat genetik penyakit diabetes, anda wajib membatasi waktu tidur anda agar tidak berlebihan.

5. Penyakit Jantung

Selain diabetes, menurut penelitian juga, tidur lebih dari 8 jam dapat memicu resiko penyakit jantung.

6. Menurunkan Daya Ingat

Tidur malam lebh dari 8 jam akan memperlambat fungsi sel – sel otak dan akan mengakibatkan penuaan memori lebih cepat, hal ini memicu pada turunnya daya ingat kita.

7. Tingkatkan Risiko Kematian

Sebenarnya memang belum ada fakta yang memastikan hal ini. Namun dari hasil penelitian para ahli menunjukan bahwa orang yang tidur lebih dari 9 jam perhari akan meningkatkan risiko kematian, karena menurut penelitian ada hubungan atau kaitan dari tidur terlalu lama dengan tingkat kematian yang lebih tinggi.

Itulah dampak buruk dari akibat tidur terlalu lama, tidur memang diperlukan, tapi jangan berlebihan juga, tidur selama 7 jam sebenarnya sudah sangat cukup untuk mengistirahatkan tubuh kita, namun memang tergantung keadaan tubuh dan usia.

(Sumberhttp://www.dekamulyana.com/dampak-buruk-akibat-tidur-terlalu-lama-dari-obesitas-hingga-kematian/)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...