5.1.15

Bahaya Tidur Dengan Ponsel Menyala

Bahaya Tidur Dengan Ponsel Menyala

 Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika perangkat gadget atau ponsel, saat ini memang sudah menjadi kebutuhan mutlak yang perlu dimiliki. Kemana pun kita pergi, ponsel atau yang biasa disebut HP ini pasti dibawa kemana – mana. Kali ini, kita akan membahas mengenai bahaya tidur dekat dengan ponsel yang dalam keadaan menyala, kebiasaan ini pastinya banyak dilakukan oleh banyak orang.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Granada, Spanyol, mengatakan bahwa tidur dekat dengan ponsel dengan keadaan layar menyala bisa memicu kegemukan lho, kok bisa?

Hal ini disebabkan karena tubuh membutuhkan kondisi gelap untuk menghasilkan hormon yang dapat menkonversi makanan dan minuman menjadi enegri. Namun jika terdapat pancaran dari sinar lampu ponsel saat anda tidur, maka akan menggangu pelepasan melatonin dan mencegah tubuh membakar makanan, meskipun pancaran sinar lampu tidak terlalu terang, namun tetap ada efeknya.

Tidak hanya itu saja, gelombang yang dihasilkan oleh ponsel atau gadget saat pengisian baterai juga sangat tidak baik bagi metabolisme tubuh. Penelitian menunjukan tidur yang berkualitas adalah dengan mematikan lampu atau cahaya, bahkan direkomendasikan untuk tidur dengan cahaya redup atau nyaris gelap.

Pola bangun tidur yang tidak baik karena tidur yang kurang berkualitas akan berdampak pada timbulnya obesitas dan diabetes. Jadi usahakan anda bisa meningkatkan kualitas tidur anda agar bisa berefek positif pada kesehatan tubuh. Simak tips tidur sehat.

(Sumberhttp://www.dekamulyana.com/bahaya-tidur-dengan-ponsel-manyala/)

1 comment:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...