4.1.15

Sampah Gelas Plastik Sisa Pesta Tahun Baru Disulap Jadi Bunga Cantik


Pesta Tahun Baru telah usai,  tentu akan banyak sampah sisa pesta yang menumpuk. Mulai dari sisa makanan, minuman, hingga sisa peralatan pesta lainnya. Namun kita dapat menyiasati sisa sampah tersebut untuk didaur ulang. Tentu kita harus perhatikan terlebihbdahulu barang apa yang dapat didaur ulang.

Misalnya sampah plastik seperti gelas plastik. Limbah pastik termasuk sampah yang sulit terurai. Tetapi tentu tidak dapat digunakan lagi untuk keperluan minum karena sudah tidak bersih lagi. Nah, Anda dapat mendaur ulangnya untuk hal lain, seperti membentuk kreasi atau keterampilan untuk emmperindah interior rumah Anda.

Sampah plastik tersebut kemudian dapat diubah menjadi penghias rumah, seperti mengubahnya menjadi karangan bunga. Bahan dasarnya cukup dengan menyediakan gelas plastik bekas berwarna. Simak langkah pengerjaan berikut ini untuk mengubah barang bekas menjadi karangan bunga yang cantik.

Alat dan bahan

Siapkan alat dan bahan, seperti gelas plastik bekas (berwarna), gunting, sellotape, doubletape, jarum pentul, kawat, kertas kraft hijau, lem kertas, tang, dan kertas dan alat tulis (pena/pensil)

Cara Membuat

* Pertama-tama kita buat dulu gambar pola oval yang runcing di atas kertas. Kemudian gunting gambar pola tersebut dan tempelkan di badan gelas plastik dengan bantuan selotip.
* Gunting permukaan gelas plastik sesuai bentuk gambar pola yang telah ditempelkan. Potongan gelas plastik ini nantinya akan digunakan sebagai kelopak.
* Bila hasil potongan tersebut masih sangat melengkung, gulung dengan pensil/pena ke arah yang berlawanan sambil sedikit ditekan hingga lengkungannya agar terbuka.
* Ambil satu potongan kelopak dan tempelkan potongan doubletape memanjang di bagian tengahnya. Kelupas lapisan penutup doubletape kemudian tempelkan potongan kelopak lainnya dengan posisi saling memotong di bagian tengah.
* Lakukan cara yang sama pada sisa potongan kelopak lainnya sesuai arah jarum jam, hingga membentuk serumpun kelopak bunga. Kemudian tusuk bagian tengahnya dengan 5-4 jarum pentul.
* Lapisi ujung-ujung jarum pentul yang menembus baian bawah kelopak dengan sellotape sampai merekat jadi satu. Kemudian satukan dengan batang kawat yang telah disiapkan dan lapisi kembali dengan sellotape hingga merekat kuat.
* Terakhir, lapisi seluruh bagian kawat dengan kertas kraft. Linting dari bagian bawah batang ke atas hingga kertas kraft benar-benar menempel pada batang kawat. Bunga pun selesai, Anda dapat menempatkanya di pot tinggi sehingga terlihat seperti bunga asli. Selamat mencoba!
(Sumber  http://www.tribunnews.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...