13.1.15

7 Tip Atasi Rambut Lepek dan Berminyak


Rambut berminyak bisa bikin Anda kurang enak dilihat. Soalnya, rambut terlihat lepek dan kotor seperti belum keramas berhari-hari. Penampilan pun jadi kusam dan nggak segar. Untuk mengatasinya, coba beberapa cara berikut.


Keramas setiap hari

Rambut berminyak sebaiknya dibersihkan setiap hari. Namun, pastikan Anda menggunakan sampo ringan khusus rambut berminyak atau yang mengandung ph netral. Sesuaikan jumlah sampo dengan ketebalan rambut. Terlalu banyak busa malah membuat Anda tidak bisa mengaplikasikan kandungan sampo dengan baik.


Kondisioner di ujung rambut

Anda bisa menggunakan kondisioner, tapi tidak setiap hari. Jika rutin menggunakan hair dryer atau alat catok, sebaiknya pakai kondisioner dua hari sekali. Namun jika jarang menggunakan alat-alat tersebut, Anda bisa memakainya tiga hari sekali. Pastikan Anda mengoleskan kondisioner mulai dari bawah telinga sampai ujung rambut. Yap, jangan mulai dari kulit kepala.

Perasan air lemon

Lemon bisa mengangkat kelebihan minyak pada kulit kepala. Caranya, usapkan air perasan buah lemon di kulit kepala, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air dingin dan dilanjutkan dengan keramas.

Pilih air dingin

Ketika keramas, sebaiknya Anda menggunakan air dingin. Pasalnya, air hangat bisa membuka kutikula rambut dan membuat minyak lebih mudah keluar. Sebaliknya, air dingin bisa membuat rambut lebih sehat dan bersinar.

Perhatikan jarak hair dryer

Jika Anda ingin menggunakan hair dryer, pilih temperatur rendah. Atur jarak kira-kira 15 cm dari rambut Anda. Jangan biarkan juga hair dryer berada di area yang sama lebih dari 15 detik karena udara panas yang berasal dari hair dryer menstimulus kelenjar minyak di kulit kepala. Akan lebih baik lagi jika Anda mengeringkan rambut secara alami.

Siasati Menyisir

Ketika menyisir rambut, minyak di kulit kepala akan menyebar ke seluruh bagian rambut. Apalagi jika kita menggunakan sisir bergigi rapat. Akibatnya, rambut malah akan semakin lepek. Sebaiknya, Anda hanya menyisir ketika rambut berantakan dan pilih sisir bergigi jarang.

Manfaatkan bedak

Taburkan bedak bayi pada telapak tangan, gosokkan sebentar sampai tidak terlalu putih, lalu usapkan secara merata pada bagian rambut yang terasa sangat berminyak, terutama yang berada dekat kulit kepala.
(Sumber  http://www.citacinta.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...