2.1.15

Bahayakah Lapisan Lilin Pada Kulit Buah Apel?

Bahayakah Lapisan Lilin Pada Kulit Buah Apel?

Saat ini buah – buahan yang ada dipasar maupun di supermarket memang menggunakan lapisan lilin agar buah tetap segar, bagus dan awet. Sebagian dari kita mungkin masih banyak yang tidak tahu dan bagi anda yang sudah tahu keberadaan lilin ini memang kerap membuat khawatir akan dampak dari mengonsumsi lilin pada kulit buah, terutama pada buah apel yang sering sekali kita jumpai.

Anda dapat membuktikannya dengan mengerok bagian kulit buah apel dengan pisau, lilin pun pasti akan terkelupas. Tentu anda harus mengosok dan mencucinya hingga bersih atau bahkan mengupas kulitnya agar lapisan lilin tidak ikut termakan, padahal kandungan vitamin pada kulit apel sangat baik sekali bagi tubuh.

Namun pertanyaannya, apakah pengawet lilin pada kulit buah apel ini aman untuk dikonsumsi?

Sebenarnya, secara alami buah apel sudah memiliki lapisan lilin pada kulitnya, bahkan saat buah tersebut baru dipetik dari pohon. Lilin alami atau yang disebut juga dengam wax ini berfungsi untuk menjaga kesegaran buah agar tidak mudah busuk.

Tapi lilin ini akan hilang ketika dipanen oleh para petani setelah dicuci, jadi para pengusaha melapisinya kembali dengan lapisan lilin buatan demi menjaga kesegaran buah apel ini. Lilin atau wax buatan ini memiliki struktur yang sangat mirip dengan lilin alami pada buah apel atau buah – buahan lainnya.

Zat lilin ini ternyata sudah lama digunkan dan dinyatakan sangat aman untuk dikonsumsi, bahkan sudah mendapat pengakuan dari Food and Drug Administration Amerika (FDA). Lapisan lilin ini akan menjaga buah dari jamur, menjaga kelembaban dan membuat buah menjadi tahan lama.

Namun jika anda ingin meminimalisir lapisan lilin pada buah apel, anda bisa melakukan cara ini :

1. Siapkan wadah yang berisi air hangat

2. Tambahkan baking soda dan perasan jeruk nipis/lemon masing – masing 1 sendok

3. Lalu rendam buah apel pada air hangat tersebut

4. Sikat apel dengan sikat lembut

5. Lapisan lilin pun akan terkelupas dan larut, sehingga air pun akan terlihat keruh

Jadi sekarang sudah tidak perlu khawatir dengan lapisan lilin pada kulit buah apel lagi ya.

(Sumberhttp://www.dekamulyana.com/bahaya-lilin-pada-kulit-apel/)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...