11.1.15

Padu Padan Warna Ruangan? Ini Aturannya!


Anda ingin mengecat kembali ruangan Anda dengan warna yang lebih berenergi di tahun baru ini? Ternyata ada beberapa warna yang jika dikombinasikan akan menimbulkan efek tertentu. Lantas, seperti apa rambu-rambu mengombinasikan warna?


- Plus Minus

Semua warna mempunyai efek negatif dan positif. Efek itu bergantung dari individunya, banyak sedikitnya warna itu digunakan, dan murni atau campuran dari warna itu.

- Sesuai Arah

Pilihan warna sebaiknya juga disesuaikan dengan arah. Contohnya, warna biru pada tembok ruangan yang punya dinding terbuka di sebelah selatan akan menimbulkan efek rileks, tapi pada ruang yang bagian terbukanya di utara justru menimbulkan rasa depresi.

- Fungsi Ruangan

Pilihan warna hendaknya didasarkan pada fungsi utama dari ruangan itu

- Panas Warna

Setiap warna punya kesan hangat atau gradasi warna. Nah, warna yang hangat sebaiknya digunakan pada ruangan yang paling banyak dipakai beraktivitas. Sementara warna dingin sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang banyak digunakan untuk beristirahat.

- Warna yang Tabrakan

Warna-warna yang tabrakan atau kontras dianggap bisa merangsang dan membuat suasana lebih hidup. Misalnya warna oranye dan biru, ungu, dan kuning.

- Warna Senada

Beberapa warna yang sekeluarga (misalnya biru tua, biru muda), atau yang berdekatan dalam roda warna (misalnya hijau dan kuning), jika digunakan berdekatan dalam satu ruangan akan menimbulkan efek kalem dan rileks.
(Sumber  http://nyata.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...