2.1.15

Bahaya Makan Roti Tawar Bagi Kesehatan

Bahaya Makan Roti Tawar Bagi Kesehatan

 Roti tawar adalah menu sarapan yang pastinya sering kita temui, makanan ini memang sangat praktis untuk disajikan, terlebih rasanya yang enak ketika dibarengi dengan selai, susu atau yang lainnya. Namun roti tawar ini sebenarnya kurang baik bagi ksesehatan lho.

Para ahli kesehatan memang sudah mengatakan bahwa mengonsumsi roti tawar putih itu kurang disarankan karena tidak baik bagi kesehatan tubuh. Lebih disarankan mengonsumsi roti gandum untuk menu sarapan anda dipagi hari, karena lebih memberikan banyak manfaat. Lantas, apa alasan roti tawar dapat menggangu kesehatan? berikut ulasan mengenai bahaya makan roti tawar.

1. Sulit untuk dicerna

Roti tawar putih mengandung gluten yang membuatnya akan sulit untuk dicerna. Lalu, roti tawar juga tidak mengandung enzim alami apapun yang padahal dibutuhkan oleh pankreas untuk memecah karbohidrat, lemak dan protein.

2. Meningkatkan kadar gula darah

Roti tawar juga terbuat dari biji-bijian yang sangat mudah sekali diserap oleh tubuh selama proses pencernaan, namun hal ini malah membuat kadar gula darah meningkat. Selain itu, roti tawar juga mengandung indeks glisemik yang tinggi yang akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas.

3. Tidak banyak mengandung nutrisi

Selama proses pembuatan roti tawar, tepung yang digunakan sebagai bahan utama roti tawar sudah kehilangan vitamin E, asam folat, vitamin B6 dan kromoium, jadi dengan kata lain, roti tawar tidak memiliki nutrisi yang cukup.

4. Tidak memiliki manfaat bagi tubuh

Bahan utama pembuatan roti tawar adalah tepung putih yang sudah kehilangan nutrisi, jadi sebenarnya roti tawar sama sekali tidak memberikan manfaat selain untuk mengganjal perut saja.

5. Tidak membuat kenyang

Tidak seperti roti gandum yang kaya akan serat, serat adalah bagian penting bagi tubuh untuk menurunkan kadar kolestrol dan bisa membuat kenyang lebih lama. Namun tidak bagi roti tawar biasa yang sebagian besar terbuat dari tepung dan sudah kehilangan banyak nutrisi dan vitamin saat proses pembuatannya.

Oke, jadi itulah beberapa bahaya makan roti tawarbagi kesehatan, mulai sekarang, kita sudah bisa lebih cerdas kagi dalam memiliki makan sehat bukan?

(Sumberhttp://www.dekamulyana.com/bahaya-makan-roti-tawar/)

1 comment:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...