1.1.15

7 Alasan terlambat menstruasi selain kehamilan


Bagi Anda yang sedang tidak berusaha untuk hamil, menstruasi yang terlambat seringkali membingungkan Anda. Padahal selain kehamilan yang terjadi, banyak hal yang bisa tamu bulanan Anda telat datangnya.

Tidak perlu panik, seperti dilansir dari womenshealthmag.com, inilah penyebab kenapa tamu bulanan sering datang tidak teratur.

Penurunan berat badan secara drastis

Penurunan berat badan yang terjadi secara drastis bisa mengganggu kelancaran sirkulasi bulanan Anda. Sebab sel telur Anda tidak mampu berovulasi dengan baik karena tubuh Anda tidak memiliki banyak hormon estrogen di dalamnya.

Stres

Jika Anda stres, ada bagian otak yang berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi yang terkena dampaknya. Bagian tersebut dinamakan dengan hipotalamus yang sangat sensitif sekali dengan stres.

Masalah dengan tiroid

Kelenjar tiroid yang terletak di leher Anda selain berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh juga sistem tubuh yang lain. Oleh karena itu ketika kelenjar tiroid Anda bermasalah maka dapat berdampak pada siklus bulanan Anda juga.

Gangguan ovarium

Gangguan ovarium seperti Polycystic Ovary Symptom atau PCOS dapat menganggu siklus bulanan Anda. Sebab PCOS sendiri merupakan ketidakseimbangan hormon estrogen, progesteron, dan testosteron yang bisa menurunkan ovulasi. Hal ini mampu membuat siklus menstruasi Anda tidak teratur.

Penyakit kronis

Penyakit kronis seperti penyakit celiac juga dapat membuat siklus menstruasi Anda terlambat. Penyakit celiac sendiri adalah penyakit yang ditandai dengan intoleransi gluten.

Pemakaian alat kontrasepsi

Pemakaian alat kontrasepsi dapat menimbulkan efek terlambat menstruasi. Sebab beberapa alat kontrasepsi seperti suntikan, IUD, atau pil KB dapat mengacaukan hormon tubuh Anda.

Menopause dini

Menopause biasanya dialami wanita di usia lebih dari 40 tahun. Namun jika menopause terjadi di bawah usia tersebut maka dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi Anda.

Hormon sangat memegang peranan penting untuk mengatur siklus menstruasi Anda. Oleh karena itu jaga kesehatan hormon Anda agar siklus bulanan Anda tidak terganggu.
(Sumber  http://www.merdeka.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...