3.2.15

Waspadai 6 penyebab flek hitam di wajah!



Menurut penjelasan Khalil Khatri, M.D., dermatolog dan ahli bedah laser kosmetik di The Skin and Laser Surgery Center di New England, flek hitam dan perubahan warna kulit di wajah adalah kondisi yang disebabkan oleh peningkatan kadar melanin, pigmen dalam tubuh yang menentukan warna kulit. Meskipun kondisi ini lebih banyak terjadi pada orang berkulit gelap - karena memiliki banyak melanin, siapa pun bisa mengembangkan kondisi serupa.

 Berikut adalah beberapa penyebab dari munculnya flek hitam di wajah, seperti dilansir md-health.com.

1. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi terjadi ketika area tertentu di kulit wajah rusak. Hal itu dikarenakan kulit memproduksi melanin berlebih, sehingga kemudian membuat spot tertentu kulit terlihat lebih gelap.

2. Ketidakseimbangan hormonal

Ketidakseimbangan hormon, seperti yang terjadi saat hamil, dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit.

3. Paparan sinar matahari yang berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. Hal itu dilakukan untuk melindungi kulit dari sinar UV. Kondisi itulah yang kemudian membuat flek hitam atau cokelat muncul di wajah.

4. Gangguan kulit

Bintik atau flek hitam pada kulit biasanya akan muncul karena usia. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit tidak bisa mereproduksi sel-sel kulit baru seperti ketika kita masih muda.

5. Kerusakan hati

Bintik-bintik pada kulit juga merupakan tanda dari kerusakan hati karena tubuh tidak bisa menghilangkan semua racun dari sel-selnya.

6. Bekas jerawat

Bekas jerawat atau luka seringkali meninggalkan bintik-bintik gelap pada kulit. Bekas luka itu biasanya akan membutuhkan beberapa waktu untuk hilang sepenuhnya.
Inilah enam penyebab dari munculnya flek hitam atau bintik-bintik gelap di wajah.
(Sumber Merdeka)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...