8.2.15

Ini Alasan Minuman Soda Buruk Bagi Kesehatan


Tingkat keasaman minuman berkarbonasi hampir sama dengan kandungan asam sulfat dalam aki mobil.

Di beberapa negara, harga sebotol air mineral bisa lebih mahal dibanding sebotol minuman bersoda. Industri periklanan telah membabi buta melakukan segala cara untuk mengajak masyarakat mengonsumsi minuman yang berbahaya bagi tubuh mereka.

Seperti dilansir laman geniusbeauty, tingkat keasaman dalam minuman berkarbonasi hampir sama dengan kandungan asam sulfat dalam aki mobil Anda. Tak hanya itu, sebotol minuman bersoda lebih ampuh membersihkan permukaan yang kotor dibandingkan pembersih berbahan kimia yang sering digunakan.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Respirology, orang yang mengonsumsi minuman bersoda seperti coke akan menghadapi risiko 48 persen lebih tinggi terkena serangan jantung dibanding orang yang tidak mengonsumsinya sama sekali atau setidaknya tidak minum setiap hari. Selain itu, konsumsi minuman bersoda juga dikaitkan dengan gangguan paru-paru dan pernapasan seperti asma dan penyakit kronik lainnya.

Minuman bersoda juga dapat menyebabkan hilangnya kalsium dalam tulang melalui beberapa proses, yakni kandungan soda dan asam fosfat yang bisa mengurangi jumlah kalsium, koka yang menghilangkan asupan kalsium di mana biasanya terdapat pada susu.


Bahaya minuman bersoda pun tak hanya sampai di situ. Menurut sebuah penelitian, konsumsi terus menerus minuman bersoda dapat menyebabkan kanker. Semua minuman bersoda menyebabkan kenaikan asam lambung. Ini sebabnya setiap kali mengonsumsi minuman berkarbonasi yang akan Anda rasakan pertama kali adalah rasa mulas dan perut kembung. Hal ini menyebabkan peningkatan mutasi sel dan tingkat radikal bebas penyebab kanker.

Menurut sebuah studi, tingkat keasaman pada minuman berkarbonasi menunjukkan tingkat keasaman setara dengan PH 2.5. Sedangkan aki mobil memiliki PH 1, berbeda jauh dengan tingkat PH yang dikandung air mineral yakni 7.

Jadi, masih tertarikkah Anda untuk menyeruput minuman ringan ini?
(Sumber Suara.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...