1.3.15

Kenali Tanda Anak Alergi Cokelat

 

 Cokelat yang biasa dimakan ternyata bisa memicu alergi, lalu apa saja tandanya?

Banyak orang berpendapat kalau cokelat adalah makanan paling enak di dunia. Namun, siap sangka kalau ternyata ada juga yang alergi dengan penganan satu ini. Biasanya, gejalanya akan mulai terlihat setelah beberapa menit makan cokelat. Hm.. apa saja ya gejala-gejala alergi cokelat ini? Berikut ulasannya.

Gatal-gatal

Gatal sering dikaitkan dengan berbagai macam pertanda alergi, tak terkecuali alergi pada cokelat. Jika si kecil mengalami gatal setelah beberapa menit makan cokelat, ada kemungkinan dia memiliki alergi terhadap makanan manis ini. Virginia Van Vynckt dari livestrong.com mengatakan, sebenarnya jarang sekali ada yang alergi terhadap cokelat. Sebagian besar dari mereka cenderung alergi terhadap bahan lain yang ada dalam cokelat seperti susu, gluten, kacang, kedelai, atau pun kafein.
Namun untuk mengetahui lebih lanjut, lebih baik bawalah si kecil ke dokter spesialis alergi untuk memastikan apa yang terjadi.

Kesulitan bernafas

Batuk, bersin, hingga pilek bisa menjadi gejala alergi cokelat. Alergi menyebabkan peradangan pada saluran udara dan ketika saluran itu membengkak, udara jadi sulit masuk sehingga pernapasan pun terganggu. Kalau gejala ini tidak bisa sembuh dalam beberapa hari, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jika dibiarkan saja, bisa-bisa si kecil dilarikan langsung ke unit gawat darurat. Jadi, lebih baik, sesaat setelah si kecil mengalami tanda-tanda ini, berikan dia penanganan yang tepat dan biarkan beristirahat.

Sakit kepala

Gejala yang ketiga ini cukup sulit untuk didiagnosis. Bisa saja si kecil sakit kepala gara-gara udara dingin atau yang lainnya. Namun, jika dia mengalami gejala ini setelah makan cokelat, baru bisa dipastikan kalau dia memang benar-benar alergi cokelat.

Muncul bercak-bercak di sekitar leher dan mulut

Gejala ini muncul pertama kali di daerah leher dan dada. Setelah itu, menyebar ke bagian bawah mulut. Rasanya gatal dan berwarna kemerahan. Cukup mengganggu karena kalau tidak digaruk rasa gatalnya tidak akan hilang. Cara terbaik untuk mencegah masalah ini adalah jauh-jauh dari cokelat dan jangan pernah menyentuhnya lagi.
Jika anak kesayangan Anda mengalami salah satu gejala tadi, segera periksakan ke dokter ya, Bu. Semoga informasinya bisa membantu ya.
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...