17.11.14

Tips mengatasi ketika payudara bengkak bagi bunda yang sedang menyusui


 Bunda..berikut ini tips mengatasi ketika payudara bengkak disaat menyusui. semoga bermanfaat ya??

Beberapa masalah yang terkadang dikeluhkan ibu menyusui adalah payudara bengkak. Tenang Bu, Anda tidak sendiri. Jika Anda mengalaminya jangan panik, karena ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan.

Bidan Rianti, A.Md.Keb dalam bukunya 'Mitos-mitos dan Fakta-fakta Seputar ASI', dan ditulis detikHealth pada Selasa (4/11/2014) menjelaskan pada hari ke-3 atau ke-4 menyusui, payudara memang kerap kali terasa penuh, tegang, dan terasa nyeri. Ini wajar, karena memang di payudara ada banyak susu yang jadi makanan bayi.

"Cara mengatasinya adalah: keluarkan ASI dengan pompa atau dengan tangan bila ASI melebihi kebutuhan bayi," saran bidan Rianti.

Untuk mengurangi rasa sakit, Anda bisa mengompres payudara dengan air hangat sembari melakukan pijatan lembut.

Payudara bengkak juga bisa terjadi karena penyumbatan ASI. Jika Anda merasakan ukuran payudara meningkat, dan seperti ada masa di payudara, bisa jadi itu adalah karena penyumbatan ASI. Saat kondisi ini terjadi, umumnya ASI akan sedikit sekali keluar, sehingga bayi Anda bisa jadi akan sedikit rewel saat sedang menyusu. Pun ketika Anda perah, sedikit sekali ASI yang keluar.

Rasanya memang tidak nyaman. Penyumbatan ASI ini bisa terjadi antara lain karena pemakaian bra yang ketat. Untuk mengatasinya, Anda harus mengeluarkan ASI dari payudara. Jika tidak berhasil dengan alat pemompa ASI, lakukanlah dengan tangan. Memerah ASI dengan tangan umumnya jauh lebih efektif untuk mengatasi penyumbatan ASI. Kompres hangat dan dingin secara bergantian juga bisa dilakukan sembari melakukan pemijatan lembut.

Saat ASI yang Anda pompa sudah mulai tak tersendat, ajaklah bayi Anda untuk menyusu. Bayi akan membantu menyedot ASI dengan baik sehingga rasa nyeri akibat penyumbatan ASI perlahan akan menghilang. Untuk diketahui, mulut bayi bisa 'memerah' ASI jauh lebih baik daripada alat pompa manapun.
( Sumber : detikHealth.com )

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...