19.11.14

Penyebab Penyakit Kolik Pada Orang Dewasa


 
Nyeri Abdomen, adalah rasa tidak enak di dalam rongga perut, antara batas atas paha dan batas bawah rusuk dada. Gejala yang menyertainya antara lain, mual,muntah, mulas dan bising usus serta kentut.
Penyebabnya
Sakit perut ringan tentu pernah dialami oleh semua orang,biasanya penyebabnya cepat diketahui misalnya, makan terlalu kenyang, makanan yang terlalu banyak asam,pedas, dan kebanyakan minomen juga um alkohol.Nyeri abdomen juga dapat terjadi karena diare atau sembelit.
Banyak wanita yang mengalami nyeri pada daerah pinggul dan perut bagian bawah pada waktu haid.Nyeri dapat terjadi sebelum atau selama haid,atau pada saat ovulasi.Kadang kadang rasa nyeri ini disebabkan oleh gangguan pada alat kandungan seperti endometriosis (terlepasnya sebagian dinding dalam rahim dan tumbuh pada bagian lain di rongga perut ).
Penyebab nyeri bagian bawah perut yang paling sering ialah infeksi saluran kemih,terutama pada wanita, infeksi itu menyebabkan sistitis (peradangan kandung kemih ).
Nyeri abdomen dapat pula terjadi karena gangguan psikis.Misalnya karena kegelisahan seperti pada anak yang baru masuk sekolah atau pada orang dewasa yang baru pindah lingkungan kerja.
Berkerut atau meregangnya alat dalam perut menimbulkan rasa nyeri yang bergelombang (melilit ) disebut kolik.
Kolik usus biasanya disertai dengan kembung dan perut buncit,hal ini terjadi bila otot polos usus berkerut atau kejang usus. Kolik dapat pula terjadi karena tersumbatnya kandung empedu,saluran empedu, atau saluran kemih.Nyeri dapat pula karena hamil di luar kandungan,yaitu tumbuhnya janin bukan di dalam rahim,tetapi pada saluran telur.
Peningkatan sekresi asam lambung dapat menimbulkan penyakit tukak peptik yang menyebabkan rasa nyeri berulang, rasa nyeri berkurang dengan pemberian makanan,susu,atau obat antisida.
Penyebab nyeri abdomen lainnya adalah infeksi,seperti infeksi ginjal,infeksi pada rahim dan saluran telur. Nyeri dapat pula disebabkan oleh terhentinya aliran darah,misalnya bila terjadi volvulus (lilitan usus ) yang menyumbat pembuluh darah atau terjadi pembekuan pada salah satu pembuluh darah usus.
Tumor yang mempengaruhi alat-alat perut dapat menimbulkan nyeri dengan meregang permukaan organ,menekan struktur organ di sekelilingnya,dengan membuat luka,atau merobek alat tersebut.(sumber https://narsisgeel.wordpress.com/2012/11/13/penyebab-penyakit-kolik-pada-orang-dewasa/)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...