19.11.14

Dampak terlalu gemuk pada perempuan yang sedang hamil pada kesehatan janin


 Hai bunda bunda yang sekarang sedang mengandung buah hati, hati hati ya jika berat badan meningkat terlalu drastis atau terlalu gemuk, berikut ini pembahasannya, moga bermanfaat ya?

Terlalu gemuk maupun terlalu kurus bagi perempuan sama-sama memperkecil peluang mendapatkan keturunan. Khusus pada perempuan yang terlalu gemuk, kesehatan janin yang dikandung cenderung lebih buruk sehingga sulit bertahan hidup.

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengungkap perbedaan tubuh kembang embrio pada perempuan dengan obesitas, kelebihan berat badan (overweight), dan perempuan dengan berat badan normal. Penelitian tersebut dilakukan para ilmuwan dari Hull York Medical School (HYMS).

"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kegemukan pada ibu hamil meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan metabolik pada anak yang dilahirkannya kelak," kata Dr Roger Sturmey dari HYMS, dikutip dari Dailymail, Jumat (14/11/2014).

Dalam penelitiannya, Dr Sturmey menemukan bahwa kegemukan bisa memicu perubahan tertentu embrio pada tahap sangat awal. Perubahan ini menyebabkan efek pada plasenta, yang merupakan sistem penunjang bagi tumbuh kembang janin.

Embrio dari perempuan dengan obesitas maupun overweight juga mempunyai komposisi biokimia yang berbeda. Di antaranya mempunyai kandungan lemak trigliserida yang lebih tinggi, dan mendapatkan asupan glukosa yang lebih sedikit.

"Penelitian ini menekankan pentingnya berat badan yang sehat sebelum hamil, bukan hanya untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan tetapi juga menjaga kesehatan ibu dan anak," kata Dr Sturmey.
(Sumber : detikHealth.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...