17.11.14

Salah satu manfaat ASI adalah dapat meningkatkan IQ anak



Bunda ternyata ASI eksklusif dapat meningkatkan IQ anak lho, jadi jangan ragu untuk memberikan ASI eksklusif pada sikecil ya..???

ASI memang telah diakui manfaatnya untuk ibu dan buah hati. World Health Organization (WHO) bahkan menyarankan para ibu yang baru saja melahirkan untuk memberi bayi mereka ASI eksklusif selama enam bulan pertama.

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa nutrisi dari ASI mampu memberikan manfaat kesehatan untuk anak Anda. Selain meningkatkan sistem imun, ASI pun mampu mengurangi risiko anak terkena asma dan bakteri. Selain itu, anak yang diberikan asi eksklusif pun bisa terhindar dari kegemukan atau obesitas saat dirinya beranjak dewasa.

Tapi ternyata, manfaat yang diberikan ASI tak cuma itu saja lho. Ternyata, ASI pun bisa berikan manfaat kognitif pada anak, bahkan bisa meningkatkan skor IQ anak, benarkah?

Beberapa penelitian menunjukkan ASI dapat meningkatkan skor IQ seorang anak. Penelitian dari Harvard University menunjukkan, anak yang diberikan ASI ternyata memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik saat usianya 3 tahun. Mereka pun memiliki skor IQ yang tinggi saat usianya 7 tahun. Skor IQ bayi yang diberikan ASI di awal kehidupannya ini bertambah 4 poin.

Studi lain dari Telethon Kids Institute Perth pun menunjukkan hubungan antara pendidikan, usia, pendapatan keluarga, dan interaksi saat menyusui dengan kualitas IQ si kecil. "Kami menemukan bahwa bayi yang diberikan ASI lebih dari enam bulan, dia akan memiliki kemampuan verbal dan IQ yang lebih banyak sekitar 4 poin dibandingkan teman seusianya ketika nanti berusia 6 tahun," jelas Profesor Wendy Oddy. Dikutip dari ABC Australia, Jumat (26/9/2014).

Profesor Michael Kramer, konsultan paeditrician di WHO pun membuat penelitian serupa. Ia menemukan bahwa rata-rata anak yang diberikan ASI oleh ibunya memiliki skor IQ yang tinggi saat dia berusia 6 tahun. ASI memiliki peran dalam perkembangan kognitif seorang bayi. Sebab, dalam ASI terdapat banyak lemak sehat Omega-3 yang sangat berguna untuk perkembangan otak.

Memang secara deskriptif belum bisa dijelaskan kenapa ASI bisa meningkatkan IQ dan kemampuan verbal seorang anak. Menurut Prof Kramer, kemungkinan adalah kontak fisik dan emosional pada saat menyusui membuat bayi mendengar banyak kata dari ibunya.

Namun, dengan memberikan ASI bukan berarti Anda langsung bisa memiliki anak dengan IQ seperti Einstein. IQ hanya meningkat sekitar 3-4 poin saja. Poin utama tetap pada pendidikan yang diberikan keluarga dan interaksi antara ibu dan anak.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh ibu untuk membangun kemampuan kognitifnya, "bermain dengan anak, rajin mengobrol dengan anak, membaca bersama anak, memberikan makanan kaya nutrisi, memberikan aktivitas fisik, dan tidak merokok, semua hal itu bisa menstimulasi perkembangan kognitif si kecil," tutup Prof Kramer.
(Sumber : detikHealth.com )

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...