23.11.14

Manfaat yang didapat Anak dari Bermain Boneka


Bunda..disaat kita melihat putri kita yang sedang bermain boneka,kadang kita tersenyum sendiri mendengar celotehannya berbicara sendiri dengan bonekanya,ternyata itu ada manfaatnya lhoo...kita baca artikel ini yuuuk...

Bermain boneka punya banyak manfaat bagi seorang anak, pasalnya kreativitas dan imajinasi sang anak sangat diandalkan dan diasah dalam permainan ini.
Dalam karya tulisan berjudul '' Peran Orang Tua dalam Memupuk Kreativitas Anak, Mendampingi atau Mengarahkan'' yang ditulis oleh Ajeng Raviando, Psi. Psikolog lulusan Universitas Indonesia dan pendiri Teman Hati Konseling, klinik konseling psikologi, disampaikan bahwa bermain boneka punya banyak manfaat lewat berbagai cara.
Simak manfaat dari bermain boneka dibawah ini

1. Meningkatkan keterampilan komunikasi
Saat anak mengajak boneka berbicara, sebenarnya si anak sedang melatih keterampilan komunikasi bahasanya.  Selain itu, anak juga dapat menyalurkan ide-ide serta pemikiranya pada si boneka kesayangan. Dengan demikian, hal ini bisa sekaligus merangsang kreativitasnya.

2. Meningkatkan keterampilan motorik halus 
Kegiatan si anak saat bermain boneka seperti mengganti pakaian boneka, menggerakan boneka, atau menyisir boneka, melatih keterampilan motorik halus anak lewat pergerakan jari jemarinya.

3.Meningkatkan kemandirian
Memelihara dan menyimpan boneka sesuai kemampuan dan keinginan anak, membuatnya melatih kemandirian sedari dini.
4. Meningkatkan kemampuan imajiansi anak
Lewat permainan peran yang diberikan si anak pada boneka, seperti peran sebagai dokter, astronot, atau mungkin superhero meningkatkan kemampuan anak untuk berimajiansi dan berpikir.
5. Meningkatkan kemampuan sosial
Ketika anak bermain boneka dengan teman-temannya, mereka sedang berlatih berdialog serta bertukar ide. Anak juga diajarkan berbagi dalam sebuah permainan dengan teman sebayanya
(Sumber http://female.kompas.com/read/2014/11/23/090000320/Manfaat.yang.didapat.Anak.dari.Bermain.Boneka)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...