18.11.14

Penyebab mual mual dan pegal disaat hamil






Hai bunda,sering mengalami mual mual dan pegal disaat hamil? Ternyata ada sebabnya lho,simak ulasan berikut ini semoga bermanfaat ya?


Bagi perempuan menikah, kehamilan merupakan masa-masa yang ditunggu-tunggu. Tetapi, berbagai keluhan kerap dilontarkan oleh ibu hamil terkait kehamilannya. Ibu hamil menjadi sering mual, muntah, kram, dan nyeri di bagian-bagian tubuh tertentu. Apa sih penyebabnya?

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr Prima Progestian, SpOG, ibu hamil mengalami perubahan revolusioner karena mendapatkan atau mengandung 'benda asing' di dalam tubuhnya yaitu bayi.

"Bayi itu merupakan benda asing bagi tubuh ibu karena bayi itu kan separuh gen ayah dan separuh gen ibu. Sehingga, wajar kalau saat hamil muncul berbagai keluhan karena di tubuh ada benda asing," kata dr Prima di sela-sela acara 'Frisian Flag: Rayakan Momen Wow Mama' di Hong Kong Cafe, Jakarta pada Kamis (13/10/2014).

Rasa mual, muntah, tidak nafsu makan, dan nyeri pada tubuh merupakan kondisi alamiah yang dialami ibu hamil. Menurut dr Prima, itu terjadi karena ibu hamil mengalami perubahan revolusioner dari segi hormon dan biokimiawi yang cukup besar.

"Perubahan ini akhirnya menyebabkan ibu hamil menjadi mual ya terutama terus muntah. Tidak hanya itu, fisik ibu hamil yang semakin membesar juga bisa membuat sesak dan pegal-pegal," jelas dr Prima.

Tidak hanya keluhan alamiah yang muncul saat masa kehamilan saja, keluhan lain juga kerap timbul jika ibu hamil memiliki faktor penyakit penyerta sebelum masa kehamilan. Misalnya saja tekanan darah tinggi dan diabetes.

"Jika ibu memiliki penyakit sebelum masa kehamilan ini yang disebut sebagai faktor penyerta. Jadinya saat hamil keluhan dan kondisi penyakitnya ini malah semakin berat. Makanya masa-masa kehamilan itu adalah masa-masa yang wow," kata dr Prima.

Dikatakan dr Prima, keluhan pada ibu hamil yang muncul secara alamiah ini akan berkurang dan hilang setelah trisemester atau tiga bulan pertama masa kehamilan. Meski begitu, dr Prima menekankan ibu hamil tetap harus mencukupi kebutuhan nutrisi yang seimbang.
(Sumber : detikHealth.com )

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...