15.11.14

Bercinta dan 4 hal ini baik dilakukan saat perut kosong



Sebelum beraktivitas, sarapan menjadi hal yang wajib dilakukan dan tidak boleh disepelekan. Sebab energi yang digunakan untuk seharian ini berasal dari sarapan. Ini juga berlaku untuk kegiatan lain seperti berenang.

Akan tetapi ada beberapa aktivitas yang ternyata lebih baik dilakukan ketika perut masih kosong lho. Aktivitas seperti apa yang dimaksud? Simak pemaparannya seperti dikutip detikHealth dari Medical Daily, Jumat (14/11/2014) berikut ini.


1. Olahraga Selama ini makan sebelum atau sesudah olahraga selalu menjadi perdebatan. Namun menurut peneliti dari Northumbria University, orang yang berolahraga sebelum sarapan tak hanya akan mengalami peningkatan nafsu makan setelahnya, tapi juga membakar lebih banyak lemak daripada yang sarapan dulu sebelum olahraga.

"Agar lemaknya berkurang, lemak yang dipakai harus lebih banyak daripada yang dikonsumsi. Sedangkan olahraga dapat menghabiskan lebih banyak energi dari lemak, bila malam sebelumnya kita tak makan apa-apa," terang peneliti Javier Gonzales


 2. Belajar
Hasil penelitian dari Yale School of Medicine di tahun 2006 membuktikan bahwa rasa lapar membuat seseorang bisa menyerap ilmu dengan lebih baik. Hal ini karena hormon yang dihasilkan perut yang masih kosong merangsang peningkatan fungsi otak.

"Meskipun kami hanya melakukan percobaan pada hewan, kami tetap merekomendasikan bahwa anak-anak sebaiknya tidak diberi sarapan dalam porsi besar, agar pelajaran yang didapat di sekolah diserap lebih banyak," papar peneliti Dr Tamas L. Horvath.



 3. Bercinta
Bercinta sebelum atau sesudah makan sebenarnya tak jadi soal. Akan tetapi peneliti mengatakan proses pencernaan seseorang membutuhkan banyak energi dan darah. Untuk itu ketika mereka bercinta setelah makan, darah yang seharusnya dialirkan ke alat kelamin mereka hanya akan berhenti di perut untuk mencerna makanan tadi.

Lagipula gairah bercinta wanita cenderung menurun ketika perutnya terasa penuh. Mereka juga biasanya mengalami kembung, susah gerak serta merasa tidak seksi.



 4. Minum obat tertentu
Kebanyakan obat biasanya harus dikonsumsi setelah makan, namun obat-obatan tertentu seperti obat TBC dan Viagra atau pil biru lebih baik diminum dalam keadaan perut kosong. Sebab tubuh kesulitan menyerap kandungan obat tersebut karena terhalang oleh makanan.

Apalagi ada makanan seperti jeruk yang bisa meningkatkan dosis obat di dalam darah sehingga dapat membahayakan tubuh.


 5. Tidur
Tidur memang sebaiknya dilakukan dalam keadaan perut sudah kosong. Toh tidur tak membutuhkan banyak energi, dan makan sebelum tidur justru akan menyimpan kalori ekstra dan mengubahnya menjadi lemak yang bisa menumpuk dalam tubuh.

Apalagi sejumlah pakar sepakat, mengisi perut sebelum tidur justru akan menimbulkan gangguan pencernaan. "Boleh-boleh saja kalau hanya ngemil sedikit. Karena kalau kadar gula terlalu rendah sebelum tidur, paginya orang yang bersangkutan akan tampak lesu dan mereka jadi malas bangun dari tempat tidur," ungkap Stephanie Maxson, ahli gizi klinis dari MD Anderson Cancer Center, University of Texas.(sumber detik.com)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...