19.11.14

Teknik Napas 4-7-8, Cara Sederhana untuk Bantu Redakan Nyeri Punggung


Bunda ini ada tips buat mengatasi nyeri punggung,dibaca yuuks...
 Pijat, kompres air hangat, atau menggunakan koyo bisa jadi cara yang umumnya dilakukan orang-orang untuk mengatasi sakit punggung. Jika ternyata cara tersebut tak berhasil, ada alternatif lain yang bisa dilakukan.

Ya, dengan teknik napas 4-7-8, Anda bisa berusaha mengurangi nyeri punggung hanya dalam waktu kurang lebih satu menit. Teknik ini pada dasarnya mengadaptasi pola meditasi yang berguna untuk meregangkan otot dan saraf-saraf yang menegang.

Dikatakan Andrew Weil, MD, profesor sekaligus direktur Arizona Center for Integrative Medicine di University of Arizona, mengatakan beberapa penelitian menemukan meditasi tak hanya bergun auntuk mengurangi rasa sakit pada area tubuh saja tetapi juga menurunkan kepekaan saraf terhadap rasa sakit.

"Kepekaan tubuh terhadap rasa sakit terjadi karena meditasi mengurangi tingkat aktivitas pada bagian otak yang memproses rasa sakit, sebelum, selama, dan sesudah meditasi," tutur Andrew dikutip dari Prevention, Rabu (19/11/2014).

Cara melakukan teknik napas 4-7-8 ini yakni pertama-tama duduk atau berbaringlah dengan posisi senyaman mungkin. Letakkan ujung lidah di bagian belakang gigi atas sehingga saat Anda menghembuskan napas akan terdengar suara berderu 'ssh'.

Setelah memastikan suara berderu keluar dari mulut Anda saat bernapas, tutup mulut dan tarik napas pelan lewat hidung selama 4 detik. Kemudian, tahan napas sampai 7 detik. Setelah itu, hembuskan napas perlahan (pastikan ada suara berderu) dan tahan sampai hitungan ke 8.

"Lakukan langkah ini tiga kali. Selain bisa membantu mengurangi nyeri punggung. Teknik pernapasan ini juga bisa menjadi meditasi guna mengurangi stres dengan mengendurkan otot-otot yang bisa menyebabnkan punggung terasa pegal dan nyeri," papar Andrew(Sumber
https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=3115963382938145467#editor/target=post;postID=7865687269649617146)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...