19.4.15

Saat Kecap dan Jeruk Nipis Bisa Meredakan Batuk

 

 Kecap dan jeruk nipis, sering dipakai untuk meredakan batuk pada anak kecil sejak zaman dahulu.

Orang-orang zaman dulu sering memanfaatkan bahan-bahan alami untuk digunakan sebagai obat. Nah, salah satunya yang paling legendaris adalah kecap dan jeruk nipis. Kedua bahan ini sering dipakai untuk meredakan batuk pada anak kecil. Sayangnya rasanya sangat aneh sehingga anak-anak lebih suka main kejar-kejaran dulu sebelum akhirnya mau menelan obat ini mentah-mentah.
Setelah beberapa hari melakukan pengobatan ini, batuk akan mereda. Tinggal disempurnakan lagi dengan mengurangi makan makanan yang berminyak dan minum es manis. Tapi, kenapa sih harus jeruk nipis?
Maura Shenker, seorang nutritionist dan kontributor Livestrong-situs kesehatan asal Amerika menerangkan bahwa jeruk nipis sangat kaya vitamin C yang akan bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Nah, kandungan ini juga membantu mengencerkan lendir dan mengeluarkan dahak yang berlebihan di tenggorokan.
Selain jeruk nipis dan kecap, ada juga beberapa ramuan lain yang bisa digunakan untuk meredakan batuk si kecil. Apa saja itu? Yuk cari tahu!

Jeruk Nipis dan Madu

Masih dengan bahan yang sama, namun kali ini jeruk nipis berkolaborasi dengan madu untuk membantu menyembuhkan si kecil. Madu terkenal dengan sifat anti-bakterinya sehingga ampuh dalam mengusir virus yang mengendap di tenggorokan. Campurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok sari jeruk nipis. Aduk-aduk lalu berikan pada si kecil. Cara lainnya bisa dengan menyembuhkan kedua bahan ini dengan secangkir air hangat untuk membuat batuk pergi dan tenggorokan terasa lebih ringan.

Lada Hitam

Tak hanya melezatkan masakan, lada hitam juga berguna untuk mengobati batuk basah. Masukkan satu sendok teh bubuk lada hitam segar dan dua sendok makan madu ke dalam panci. Tuangkan satu cangkir air lalu rebus hingga mendidih. Aduk-aduk supaya bahan tadi tercampur rata, setelah itu saring dan pindahkan dalam gelas. Minum sesuai kebutuhan dan rasakan khasiatnya.
Bahan alami memang memberikan manfaat yang cukup bagus. Apalagi untuk si kecil yang badannya belum terbiasa dengan bahan-bahan kimia. Jadi, kalau Anda tidak sempat memeriksakannya, obati dulu menggunakan bahan alami. Baru setelah itu ajak ke dokter supaya mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga informasinya bermanfaat ya!
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...