13.4.15

Pemicu Munculnya Warna Putih Pada Lidah

 

 Lidah yang berwarna putih bisanya mencerminkan kondisi kesehatan tertentu dan bisa menjadi gejala beberapa gangguan kesehatan.

Pada kondisi tertentu, warna putih sering kali muncul di permukaan lidah. Hal ini memang tidak memberikan dampak yang cukup parah. Namun tetap saja Anda harus mengetahui penyebabnya. Lidah yang berwarna putih bisanya mencerminkan kondisi kesehatan tertentu dan bisa menjadi gejala beberapa gangguan kesehatan. Langsung saja yuk simak apa saja penyebab warna putih pada lidah dan bagaimana cara mengatasinya.

Kebersihan Mulut Kurang Terjaga

Dulu ibu Anda selalu bilang untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari dan rajin menjaga kebersihan mulut. Hal ini memang penting sekali karena kondisi mulut yang kotor bisa menyebabkan lidah berwarna putih. Awalnya memang biasa saja, namun lama kelamaan lidah bisa membuat Anda atau si kecil mati rasa. Parahnya lagi, nafsu makan bisa menghilang dan akhirnya metabolisme tubuh ikut terganggu.

Demam

Bisanya kalau demam, lidah si kecil akan memutih dengan sendirinya. Hal ini akan mengganggu nafsu makannya sehingga daya tahan tubuh ikut terganggu. Kalau dibiarkan saja, si kecil malah semakin malas makan dan demam yang dialaminya tak kunjung sembuh. Untuk itu, Anda harus gerak cepat seperti membawanya ke dokter agar dapat obat penambah nafsu makan, atau memberikannya air madu hangat untuk membuat lidahnya bisa mengecap lagi.

Iritasi

Lidah juga bisa lho mengalami iritasi. Biasanya disebabkan oleh gesekan yang terlalu keras dengan alat makan atau gigi. Bisa juga karena tidak sengaja tergigit dan kemudian muncul sariawan. Selain membuat lidah memutih, iritasi juga membuat si kecil atau Anda merasa kesakitan sepanjang waktu. Apalagi saat makan. Luka yang terkena makanan akan terasa sangat perih sehingga memaksa Anda untuk menahan sakitnya.

Solusinya, segera obati menggunakan minyak sariawan atau kumur air garam hangat. Dalam beberapa hari, iritasi akan mereda dan Anda bisa makan lagi dengan bebas.
Lidah yang mengalami gangguan akan membuat makanan apapun yang masuk ke mulut jadi hambar. Untuk itu, selalu jaga kebersihan dan kesehatannya. Semoga informasinya bermanfaat ya!
(Sumber Nestle)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...