16.1.13

Menstruasi tidak teratur?ini solusinya!

 Jika Anda sering menstruasi tidak teratur terutama pasca melahirkan moga info dari detikhealth ini bermanfaat yaa :)


Menstruasi yang tidak teratur merupakan masalah umum di kalangan ibu yang baru saja melahirkan, gadis yang kelebihan berat badan dan wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik. Jika Anda tidak nyaman dengan hal itu, atasi dengan cara alami agar siklus menstruasi Anda teratur setiap bulannya.

Seorang wanita rata-rata haid setelah setiap 28 hari sementara yang lain mungkin mengalami menstruasi antara 21 sampai 35 hari. Namun, jika seorang wanita tidak mengalami menstruasi dalam durasi ini, siklus menstruasinya dikatakan tidak teratur atau terganggu.

Berikut beberapa cara alami untuk menyehatkan periode menstruasi yang tertunda, seperti dilansir onlymyhealth, Rabu (16/1/2013) antara lain:

1. Teh dan rempah-rempah

Blenderlah rempah-rempah seperti ketumbar, jahe dan daun teh untuk membuat pasta. Jika Anda tidak suka dengan rasa campuran ini, tambahkan lemon, madu, atau susu agar rasanya lebih enak.

Masaklah makanan dengan menambahkan beberapa sendok pasta tersebut sebagai bumbu tambahan. Para ahli herbal menyarankan agar Anda menggunakan rempah-rempah yang segar untuk membuat pasta.

2. Perubahan diet

Menjauhkan diri dari makanan pedas dan mengurangi konsumsi gorengan, dapat membantu Anda mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Batasi juga konsumsi permen dan makanan manis seperti cokelat dan kue.

Kelebihan berat badan bisa menjadi alasan mengapa siklus menstruasi seseorang tidak teratur dan oleh karena itu, perubahan pola makan dapat membantu mencegah kenaikan berat badan serta masalah menstruasi yang dihasilkan. Selain itu, hindari minum minuman berkafein dan alkohol.

3. Jahe dan biji adas

Minum wedang jahe dengan madu dua kali dalam sehari secara teratur akan membantu mengatur siklus menstruasi. Biji adas dengan rasa mint yang menyegarkan juga dianggap sebagai obat alami yang efektif untuk menstruasi yang tidak teratur.

4. Lobak dan susu mentega

Haluskan lobak dan tambahkan sedikit air, kemudian campur pasta lobak dengan susu mentega. Minum ramuan ini setiap hari di pagi hari untuk memperbaiki kondisi Anda. Minumlah ketika perut masih dalam keadaan kosong untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Jus daun peterseli

Minum jus peterseli segar setidaknya sekali dalam sehari mampu membntu mengatur siklus menstruasi.

6. Air tebu

Minum air sari tebu satu sampai dua minggu sebelum siklus menstruasi yang biasanya Anda dapatkan juga akan membantu mendapatkan menstruasi yang teratur.

Selain dengan melakukan pengobatan rumahan untuk mengatasi siklus menstruasi yang terganggu tersebut, Anda juga perlu menjalani hidup bebas stres dan beristirahat yang cukup. Selain itu, hindari melakukan latihan berat selama lebih dari 30 menit sehari, karena dapat mengganggu keseimbangan hormon yang menyebabkan menstruasi tidak teratur.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...