2.5.16

Tips Mengusir Semut Dari Rumah Dengan Mudah



 Hai bunda, berikut ini tips mengusir semut dari rumah dengan mudah, semoga bermanfaat ya?

Salah satu masalah yang sering dihadapi dirumah adalah kehadiran semut yang terus-terusan menghiasai dinding dan tembok rumah. Semut merupakan makhluk hidup yang datang dalam jumlah koloni besar yang memiliki pembagian tugas yang spesifik. Ketika berada diluar rumah, semut merupakan bagian penting dalam lingkungan karena ikut berkontribusi pada keseimbangan ekologis.
Hanya saja ketika berada dirumah, semut kerap kali menjadi masalah yang begitu menjengkelkan, ketika ada makanan manis atau kue yang terbuka sedikit saja, kedatangan semut yang selalu berbondong-bondong langsung saja mengerubuti makanan tersebut, hal ini tak jarang membuat kita bingung dimana harus menyimpan makanan agar tidak dikerubuti semut. Namun sebenarnya, bagi anda yang mengetahui taktik menyimpan makanan agar tidak dikerubuti semut adalah dengan meletakannya ditempat yang bersih dan menjaga kebersihan tempat tinggal anda. 
Pastikan semua ruangan dirumah terjaga kebersihannya, terutama beberapa ruangan seperti dapur, kamar dan ruang tengah. Kedatangan tamu dan mendapati semut berbaris didinding ruang tengah anda, tentunya menjadi pemandangan yang memalukan. Untuk itu, biasakan untuk selalu membersihkan semua ruangan agar tetap bersih dan memastikan tidak ada sisa makanan yang bertaburan dilantai, untuk mencegah kehadiran semut. Namun selain cara diatas, beberapa bahan berikut juga dapat mengamankan persediaan makanan anda dari serbuan semut. Dengan meletakan bahan-bahan berikut ditempat yang sering dilalui semut akan membuat semut menjauhi daerah tersebut.
1. Kulit Telur Ayam
Kulit telur ayam ternyata bisa dijadikan ramuan untuk mengusir semut dari tempat makanan yang sering dikunjunginya. Caranya, sangrai kulit telur ayam hinga berwarna kehitaman, kemudian angkat dan tumbuk hingga menjadi halus seperti kopi. Selanjutnya taburkan, ramuan ini ke tempat yang ingin anda jauhkan dari jangkauan semut.
2. Asam Cuka
Bau menyengat dari asam cuka bisa dijadikan ramuan untuk mengusir semut agar tidak terus-terusan datang ke rumah. Caranya, semprotkan cuka pada area yang sering dilalui semut, atau sempotkan juga pada sarang semut, bau menyengat cuka dapat membunuh lebih banyak semut disarangnya.
3. Mentimun
Tahukah anda, ternyata terkuak fakta baru dari semut, yakni semut tidak menyukai bau dan rasa dari mentimun. Untuk itulah, menempatkan potongan mentimun pada daerah yang sering dilalui semut akan menjadi cara yang efektif untuk mengusir semut dari jangkauan makanan yang anda sajikan.
4. Sabun Cuci
Selain berfungsi untuk membersihkan kotoran pada pakaian, faktanya sabun berfungsi untuk memecah lapisan lilin rangka luar yang terdapat pada semut, sehingga ketika semut mencium bau sabun cuci, hal ini akan mengakibatkan semut mengalami dehidrasi.
Untuk itu, jika anda ingin mengusir semut dari rumah dan makanan yang anda sajikan, maka oleska sabun cuci pada jalan masuk semut dan semprotkan pula larutan sabun cuci pada tempat yang terdapat banyak semut.
5. Daun Sirih
Jika anda menjumpai daun sirih selalu dijadikan ramuan untuk dikunyah-kunyah oleh orang tua jaman dulu. Kini manfaat daun sirih bisa anda gunakan untuk mengusir semut. Caranya, cukup remas-remas daun sirih dan letakan di area yang tidak ingin didatangi oleh semut. Aroma yang menyengat dari daun sirih akan membuat semut tidak suka dan membuatnya terpaksa menjauhi daerah tersebut.
Menyaksikan semut berbaris di dinding-dinding tiap ruangan, memang bukanlah pemandangan yang menarik. Terlebih lagi, jika semut menyerbu makanan yang hendak disajikan, hal ini membuat selera makan menjadi berkurang. Untuk itu, mengusir semut sejak dini adalah cara yang baik anda lakukan.

Sumber : bidanku.com

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...