2.5.16

Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Tubuh Gampang Lelah



Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat tubuh gampang merasa lelah, semoga bermanfaat ya?

Apakah anda merasa sangat mudah lelah? Jangan diremehkan, hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius. Kebiasaan sehari-hari yang anda lakukan ikut pula memainkan peran penting dalam meningkatkan energi dalam tubuh anda. Kurang mendapatkan istirahat yang cukup saat malam hari bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya rasa lelah dan membuat anda merasa cepat lelah. Selain itu, pola makan yang tidak tepat serta gaya hidup yang tidak sehat amat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
Nah, kebiasaan-kebiasaan seperti itulah yang harus disembuhkan, sebab jika dibiarkan, hal-hal tersebut bisa menjadi sumber rasa lelah. Untuk melawan kelesuan, anda harus selalu aktif baik secara fisik maupun mental. Nah, agar anda bisa lebih memperhatikan aktivitas-aktivitas tersebut.

Berikut daftar kebiasaan buruk yang bisa membuat tubuh gampang merasa lelah.

1. Tempat yang Berantakan
Berada pada tempat yang berantakan akan membuat anda merasa lelah. Hal ini terjadi sebab tempat yang berantakan dapat menghentikan fokus otak anda dan juga membuat anda merasa malas baik secara fisik maupun mental. Sebaliknya tempat yang bersih dan rapih akan membuat siapa saja merasa lebih santai dan mempu menyegarkan kembali pikiran anda. Untuk itu, biasakan beberapa ruangan dirumah, terutama kamar untuk selalu rapih dan bersih.
2. Melewatkan Sarapan
Banyak orang yang meremehkan manfaat dari menyantap makan sarapan sebelum memulai aktivitas. Padahal sarapan pagi adalah waktu makan paling penting yang mampu menunjang aktivitas anda disiang hari. Orang yang melewatkan menyantap sarapan pagi, cenderung akan mudah merasa lelah . Sebab perut yang kosong akan membuat tubuh anda merasa lesu. Jadi betapapun, jangan lewatkan menyantap makan sarapan, sebab ini adalah waktu makan paling penting yang akan menunjang aktivitas anda.
3. Dehidrasi
Banyak orang yang terbiasa minum sedikit air. Mereka hanya minum ketika merasa haus. Nah sebaiknya, tinggalkan kebiasaan buruk ini, cukupilah kebutuhan cairan dalam tubuh. Sebab aktivitas yang anda lakukan akan mengeluarkan banyak cairan melalui keringat, untuk itulah menggantinya kembali dengan minum air yang cukup akan membuat cairan dalam tubuh menjadi tercukupi. Sebaliknya tubuh yang kekurangan air akan membuat anda merasa cepat lelah dan lesu. Dehidrasi akan membuat tubuh mengalami motabolisme yang lambat. Dengan minum air akan menaikan sistem kekebalan tubuh dan membuat and menjadi lebih aktif.
4. Kurang Mengkonsumsi Sayuran Hijau
Ada banyak gizi baik yang terkandung pada sayuran yang mana asupan gizi ini amat dibutuhkan tubuh. Kandungan seperti vitamin, mineral, dan nutrisi tanaman lainnya adalah gizi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjagany agar tetap bugar. Dengan demikian tidak mengkonsumsi cukup sayuran hijau merupakan kebiasaan buruk yang membuat ada akan mudah merasa lelah.
5. Melewatkan Asupan Antioksidan
Antioksidan amat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan antioksidan yang cukup sebagaimana ukuran yang dibutuhkan tubuh, maka rasa lelah akan cepat menghampiri anda. Kandungan antioksidan yang baik bisa anda dapatkan dari buah-buahan seperti buah delima, alpukat, pisang dan buah-buahan lain yang kaya akan kandungan antioksidan. Selain itu, kandungan antioksidan ampuh dalam memerangi paparan radikal bebas yang menjadi sumber penyakit kanker.
Demikian beberapa kebiasaan yang mungkin tanpa anda sadari akan menjadi sumber mengapa anda sering merasa cepat lelah. Dengan mengetahui beberapa kebiasaan tersebut, diharapkan anda mulai dapat merubahnya dan mengurangi kebiasaan yang dapat merugikan tubuh anda.

Sumber : bidanku.com

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...