28.12.12

Cara Cepat Bersihkan Rumah Saat Kumpul Keluarga di Liburan Tahun Baru



Ikuti Kiat asyik dari detikwolipop untuk menyambut Tahun Baru di Rumah,monggo disimak :)

Musim liburan, sebagian besar orang memilih menghabiskan waktu santainya untuk bepergian ke luar kota atau luar negeri. Namun ada pula beberapa yang lebih memilih tinggal di rumah dan mengundang sanak saudara untuk berkumpul.

Bagi Anda yang lebih suka kumpul keluarga untuk menyambut tahun baru, yang terpenting harus disiapkan tentu rumah yang bersih dan nyaman. Selain menggunakan cairan pembersih yang biasa dibeli di supermarket, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur dan rumah tangga yang sudah ada di rumah. Selain hasilnya maksimal, bahan pembersih ini juga membuat kegiatan bersih-bersih Anda lebih mudah.

1. Minyak Esensial Lemon
Lemon merupakan bahan pembersih yang cocok untuk membersihkan sekaligus merawat perabot rumah yang terbuat dari kayu. Tuangkan sedikit minyak lemon ke lap pembersih, dan gunakan untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada rak, kursi, pajangan, bingkai foto atau lantai yang terbuat dari kayu. Selain itu, minyak lemon juga sesuai untuk membersihkan alat-alat yang terbuat dari stainless steel dengan cepat. Caranya sama, dengan mengusap peralatan menggunakan lap kering yang telah diberikan minyak. Cara ini merupakan solusi ketika Anda ingin membuat rumah bersih dan harum dalam waktu singkat.

2. Alkohol
Cara cepat lainnya untuk membersihkan rumah adalah dengan alkohol. Tuangkan alkohol ke lap pembersih atau kapas, dan gosokkan pada bagian-bagian kecil perabot atau perangkat rumah tangga Anda. Seperti kran air di kamar mandi, wastafel dapur, atau noda minyak di permukaan kompor gas. Selain bersih perabotan juga bebas bakteri.

3. Baking Soda
Baking soda cocok digunakan untuk membersihkan noda sisa makanan yang membandel pada panci dan wajan tanpa harus menggosoknya lama-lama dengan tenaga ekstra. Taburkan baking soda ke atas peralatan masak yang sudah diisi air sabun, lalu diamkan semalaman. Baking soda membantu mengangkat kotoran serta kerak sehingga lebih mudah dibersihkan. Esok paginya, cukup gosok menggunakan spons atau sabut pencuci piring. Bubuk serbaguna ini juga efektif membersihkan wastafel. Saat wastafel kosong tapi masih basah, taburkan baking soda ke atasnya dan gosok dengan sikat. Biarkan selama 20 menit, lalu lap dengan kain kering.

4. Boraks
Blouse kesayangan Anda ketumpahan kopi, teh atau sirup saat berpesta? Ada cara efektif untuk menghilangkan nodanya. Rendam baju di dalam ember berisi air yang sudah dicampur 1 sendok makan boraks. Rendam selama dua sampai tiga jam. Lalu cuci seperti biasa. Boraks juga bisa digunakan untuk membersihkan kloset toilet. Tuangkan satu sendok makan ke dalam lubang kloset, diamkan semalaman. Esok harinya, sikat menggunakan sikat bundar, lalu siram atau flush. Kloset pun bersih seketika.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...