16.1.15

Bisakah Kanker Serviks Disembuhkan?


Kasus sakitanya artis seksi Julia Perez, alias Jupe menjadi perbincangan dalam tayangan program acara Pesbukers, Rabu 14 Januari 2015.

Saat itu, dihadirkan bintang tamu, Pakar Seks, Dr Boyke Dian Nugraha. Ia pun berbicara tentang sakitnya Jupe.

Jupe dikabarkan menderita kanker serviks stadium tiga. Raffi Ahmad yang menjadi salah satu host di acara itu, sempat bertanya pada Boyke, apakah mereka yang menderita kanker serviks bisa sembuh?

"Jadi, kalau stadiumnya masih dua, masih bisa sembuh. Bisa dengan radiotherapy, kemoterapi, dan lain-lain," kata Boyke.


Ia menyatakan bahwa setiap wanita harus waspada dengan datangnya penyakit ini. Sebab, hampir tidak ada gejala yang ditimbulkan jika kanker serviks yang diderita seseorang masih dalam stadium awal.

"Gejala kanker ini hampir tidak ada. Tetapi, jika sudah stadium lanjut, kalau melakukan hubungan suami istri berdarah, itu bisa jadi tanda, kanker serviks yang diderita sudah stadium tiga, atau empat," tutur Boyke.

Atau, lanjutnya, jika keputihan bercampur darah, itu juga bisa jadi tanda bahwa kanker serviks yang diderita seseorang sudah memasuki stadium lanjut.


Untuk itu, kata Boyke, bagi wanita yang sudah berusia di atas 45 tahun harus rutin menjalani papsmear, setahun dua kali. Dan, vaksinasi sangat penting juga dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit ini.

"Kesimpulannya, buat wanita jangan lupa lakukan vaksinasi kanker, dari umur 10 tahun sudah bisa dilakukan. Dan, vaksinasi sekali seumur hidup cukup bagus untuk melindungi diri dari kanker serviks," sarannya.
(Sumber  http://life.viva.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...