13.1.15

Anggur, Buah Sejuta Manfaat


Konon, budidaya buah anggur sudah dikembangkan di Timur Tengah sejak 4000 SM. Ada banyak varietas dari buah berbentuk bulat kecil dan bergerombol ini, namun yang paling banyak dikembangkan adalah varietas Vitis vinifera. Selain disantap langsung sebagai buah, di beberapa negara Eropa, Amerika, dan Australia, anggur lebih populer dikonsumsi sebagai wine.

Flavor menyegarkan, penampilan yang anggun menjuntai, serta harga yang relatif tinggi membuat anggur menjadi buah yang prestisius di Indonesia. Tetapi, keunggulan utamanya adalah sangat baik untuk kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit kanker, jantung, tekanan darah tinggi, serta diabetes.


Setidaknya ada 3 warna anggur yang ada di pasaran Indonesia, yaitu hijau, merah-ungu, dan ungu-hitam. Pigmen merah-ungu dan ungu-hitam merupakan refleksi dari kehadiran pigmen golongan antosianin. Semakin pekat warnanya, semakin tinggi kadar antosianinnya. Peranannya yang paling utama sebagai antioksidan. Antosianin merupakan bagian dari keluarga flavonoid (bagian dari kelompok polifenol).

Beberapa senyawa antosianin yang ada dalam anggur merah-ungu dan ungu-hitam adalah resveratrol dan quercetin. Resveratol mampu  menikam perkembangan sel tak sehat, yakni tumor atau kanker. Konsentrasi resveratol paling banyak terdapat pada bagian kulit anggur. Quercetin membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Kandungan flavonoid pada anggur hijau (atau anggur putih) merupakan golongan tanin yang bernama katekin (cathechin). Fungsi utamanya? Juga sebagai antioksidan.  


Anda merasa khawatir akan ancaman pestisida yang ‘menghantui’ buah anggur? Tenang. Anda tak perlu terlalu panik dan menghentikan konsumsi buah kaya manfaat ini. Yang pasti, pestisida kini memiliki sifat larut air. Rendam buah anggur yang hendak dikonsumsi selama beberapa menit dalam air, kemudian di bawah air mengalir gosok-gosoklah tiap butiran buahnya. Buah siap disantap!

Anjuran kesehatan: Konsumsi buah 2 porsi per hari. Nah, 1 porsi buah anggur setara dengan 6 - 8 butir anggur. Yuk, mulai rutin mengonsumi buah ini untuk mendapat khasiatnya!

Fakta Anggur

- Low GI (Glicemic Index), menjaga kadar gula darah
- Sumber serat dan kalium. Kalium sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi
- Tinggi vitamin K dan C
- Kismis adalah anggur merah-ungu yang dikeringkan, sedangkan sultana adalah anggur hijau yang dikeringkan
(Sumber  http://www.parenting.co.id/)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...