13.1.15

5 Cara Untuk Cepat Tidur



Sudah larut malam, tapi mata tetap saja nggak mau terpejam. Mata pun sudah mulai pedih dan capek karena aktivitas seharian yang padat. Kalau dibiarkan kebiasaan susah tidur ini bisa menggangu kesehatan kita, lho. Seperti insomnia, tubuh pun mudah lelah dan terasa lemas. Coba deh, lakukan “ritual” ini sebelum tidur, biar tidur kita lebih nyenyak. Tubuh pun jadi lebih segar dan fit!

Ciptakan suasana nyaman di kamar

Pastikan, semua barang elektronik seperti televisi atau handphone dalam keadaaan mati. Jadi, kita nggak akan terganggu dengan suara berisik yang muncul. Bisa juga, matikan lampu kamar sehingga mendukung suasana tenang yang membuat kita terpancing untuk tidur. Manfaatkan juga wewangian atau aromatherapy bisa membuat tubuh kita jadi lebih rileks.

Posisi tidur nyaman

Posisi tidur yang baik, bisa membuat kita lebih mudah terlelap, lho. Misalnya memilih bantal yang nggak terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk tidur. Sejajarkan dengan posisi posisi leher dan kepala, untuk menghindari sakit pada leher keesokan paginya.

Minum susu hangat sebelum tidur

Siapa yang punya kebiasaan minum susu sebelum tidur? Lanjutkan kebiasaan ini ya. Karena, ternyata susu mengandung zat tryptophan yaitu asam amino yang dapat membantu mempercepat proses tidur, sehingga tidur jadi lebih nyenyak.

Dengarkan musik

Mendengarkan suara musik dengan alunan yang pelan dan syahdu, bisa membuat suasana hati dan pikiran jadi lebih hangat dan santai. Kita pun akan terbawa suasana dan bisa terlelap lebih cepat.

Bayangkan sesuatu yang menenangkan

Bayangkan kita sedang bersantai di alam pegunungan atau sedang menikmati indahnya pantai lepas yang membuat kita jadi lebih rileks. Menurut sebuah penelitian, membayangkan sesuatu yang menenangkan bisa membuat waktu tidur kita lebih berkualitas dan nyenyak.
(Sumber http://www.gadis.co.id)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...